Berita Nasional Terpercaya

55 Anggota DPRD DIY Dilantik, Tanpa Anggaran Jas Baru

0

YOGYA, BERNAS.ID – Sebanyak 55 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY periode 2019-2023 dilantik Senin (2/9/2019) pagi.

Mereka dilantik tidak memperoleh seragam Pakaian Sipil Lengkap (PSL) berupa jas baru, karena Sekretariat DPRD telah mencoret pos anggaran tersebut.

Rencana anggaran pengadaan jas tersebut dicoret sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“PP itu mengamanatkan anggota DPRD dalam satu periode diberikan PSL dua kali. Pemahaman kami sebelum dilakukan pelantikan, mereka masih sebagai calon, belum sebagai anggota dewan. Jadi tidak dialokasikan anggaran,” kata Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD DIY Budi Nugroho.

Karena tidak ada pembiayaan pengadaan jas, total anggarannya hanya sebesar Rp 102 juta. Dana digunakan untuk konsumsi, sewa kursi, tenda, dan latar panggung.

Menurut Budi anggaran pelantikan ini lebih kecil ketimbang DPRD Kabupaten Sleman sebesar Rp 400 juta.

“Memang apa yang kami lakukan beda dengan daerah lainnya,? kata Budi.

Anggaran seragam jas bagi anggota dewan ditentukan oleh kepala daerah dengan standar dan spesifikasi yang telah ditentukan. Per satu seragam jas dianggarkan sebesar Rp 2,5 juta, dengan ongkos jahit saja Rp 2 juta.

Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta yang terpilih sebanyak 55 orang. Sebanyak 26 di antaranya adalah petahana. Sisanya sebanyak 29 orang merupakan anggota terpilih yang baru. 

Perolehan kursi terbanyak diraih PDI Perjuangan yaitu 17 kursi. Kemudian disusul tiga partai yang sama-sama memperoleh sebanyak tujuh kursi, adalah Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional dan Gerindra. Berikutnya PKB enam kursi, Golkar lima kursi, NasDem tiga kursi. Sedangkan Partai Demokrat, PPP dan PSI sama-sama mendapatkan satu kursi. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.