Berita Nasional Terpercaya

Festival TIK Digelar di Yogyakarta untuk Angkat Potensi Industri Kreatif

0

YOGYA, BERNAS.ID ? Festival Teknologi Infomatika dan Komunikasi (TIK) digelar pada tanggal 7-12 September di Loop Station Telkom Yogyakarta. Ini adalah acara yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta GoJek.

Kepala Dinas Kominfo DIY Rony Primanto Hary menyebut acara yang disebut Pagelaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini adalah sebuah rangkaian kegiatan Dinas Komunikasi dan Informatika yang digelar dengan tujuan agar kaum melenial lebih bijak dalam penggunaan TIK serta menstimulus perkembangan TIK di DIY. Menurutnya DIY banyak memiliki SDM di bidang TIK yang berbakat, namun belum ada festival yang mengangkat potensi mereka secara maksimal.

“Kami menggarap festival ini sebagai festival unggulan di Yogyakarta. Kedepannya Diskominfo DIY berharap akan muncul banyak startup dan industri kreatif dari DIY yang bertaraf nasional dan bahkan internasional,” ujar Ronny di dalam pembukaan acara, Sabtu (7/9/2019).

VP Region GoJek Jateng DIY Delly Nugraha mengaku, dimanapun beroperasi di Indonesia, Gojek memiliki semangat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan dampak sosial di daerah tersebut. Dukungan ini sejalan dengan semangat Gojek untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif lokal melalui pemanfaatan TIK. 

?Yogyakarta memiliki makna tersendiri bagi Gojek, selain menjadi kota dimana Gojek memiliki pertumbuhan yang tinggi, Yogyakarta sudah dikenal luas sebagai kota budaya dan kiblat industri kreatif Indonesia. Partisipasi dan dukungan kami di Pagelaran TIK Diskominfo merupakan wujud semangat kami untuk turut memajukan industri kreatif Yogyakarta dan memperkuat posisi Yogyakarta sebaai smart province melalui teknologi yang dimiliki Gojek.  Semoga gelaran ini akan melahirkan lebih banyak lagi pelaku industri kreatif dan pemanfaatan teknologi TIK yang positif oleh generasi muda Yogyakarta,? kata Delly.

Beberapa acara digelar dalam rangkaian Pagelaran Teknologi Infomatika dan Komunikasi (TIK) ini. Ada
Dialog Interaktif Smart Area Sumbu Filosofi yang menjadi target Pemda DIY sebagai implementasi Jogja Smart Province. Selain itu akan ada Seminar Nasional Smart Area Sumbu filosofi, 10 September 2019 di Hotel Eastparc Yogyakarta, menghadirkan Alamsyah Koto Hanza, Data Scientist Gojek. 

Puncak Pagelaran TIK akan diadakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret, titik 0 Yogyakarta, tanggal 12 September 2019, dengan menghadirkan Gubernur DIY yang akan meluncurkan versi terbaru aplikasi Jogja Istimewa. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.