Berita Nasional Terpercaya

Ini Empat Cara Ampuh Amankan Data Pribadi di FB

0

BERNAS.ID – Sosial media kini adalah hal yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis pada Januari 2019 mencatat ada 150 juta orang atau sebesar 56% dari total penduduk Indonesia menggunakan sosial media. Salah satu sosial media yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Facebook (FB). Riset yang sama mencatat bahwa prosentase pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg itu mencapai 81%. Angka tersebut berada di atas Instagram (IG) yang meduduki peringkat kedua dengan prosentase 80%.

Walau begitu, Facebook bukanlah media sosial yang bebas masalah. Beberapa tahun belakangan isu penyalahgunaan data pribadi menerpa media sosial yang berpusat di Amerika Serikat tersebut. Namun, jangan khawatir. Berikut adalah empat hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi data pribadi Anda di Facebook, sebagaimana dilansir dari The Verge.

Amankan Data dari Apilkasi Lain

Integrasi antaraplikasi membuat data Facebook tidak hanya bisa digunakan untuk login ke Facebook saja. Saat membuka aplikasi lain, Anda biasanya juga diminta untuk memasukkan data pribadi. Salah satu cara yang paling cepat adalah mengintegrasikan data pribadi di Facebook dengan data pribadi yang diminta oleh aplikasi yang baru Anda buka. Cara ini memang praktis, tetapi juga berisiko. Pasalnya data pribadi yang Anda masukkan di Facebook juga bisa diakses oleh aplikasi lain. Anda sebaiknya masuk ke aplikasi dengan memasukkan data baru, ketimbang mengintegrasikan data di Facebook. Integrasi data boleh Anda lakukan dengan catatan, Anda mengingat baik-baik aplikasi mana saja yang Anda izinkan mengakses data pribadi Anda dari Facebook Anda.

Amankan Data dari Iklan

Anda tentu sering melihat iklan yang berseliweran di beranda Facebook. Beberapa iklan tersebut kadang meminta Anda memasukkan data pribadi untuk mengaksesnya. Caranya, tidak selalu memasukkan data secara langsung tetapi kadang hanya dengan mengeklik tombol konfirmasi yang mengizinkan iklan tersebut mengakses data Facebook Anda. Demi keamanan data pribadi, Anda sebaiknya mengabaikan permintaan tersebut. Pasalnya, tidak ada jaminan bahwa data pribadi yang Anda berikan akan aman.

Amankan Data dari Kuis

Selain iklan, berbagai kuis juga berseliweran di beranda Facebook. Kuis-kuis tersebut menawarkan fitur-fitur menarik, seperti memeriksa IQ, keadaan emosi, atau preferensi Anda tentang sesuatu. Untuk mengakses fitur tersebut, Anda biasanya diminta untuk memasukkan data pribadi Anda, seperti username dan password. Anda sebaiknya juga tidak tergiur dengan fitur yang ditawarkan berbagai kuis tersebut dan mengabaikannya. Pasalnya, sama seperti iklan, juga tidak ada jaminan bahwa data pribadi yang Anda berikan pada kuis akan aman.

Atur Privasi

Anda juga bisa menggunakan fitur yang disediakan Facebook untuk mengamankan data pribadi Anda. Caranya, dengan masuk ke menu Privacy Setting atau Pengaturan Privasi. Di sana, Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat data pribadi dan postingan yang Anda bagikan. Anda bisa membuat data pribadi dan unggahan Anda bisa dilihat oleh semua orang, hanya teman, atau tidak terlihat sama sekali.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.