Berita Nasional Terpercaya

APBD 2020 Kota Jogja Ditargetkan Dibahas Akhir Bulan Ini

0

YOGYA, BERNAS.ID – DPRD Kota Yogyakarta menargetkan pembahasan APBD 2020 dapat mulai dilakukan akhir September 2019. Ini setelah seluruh proses pelantikan pimpinan definitif DPRD serta pembentukan seluruh alat kelengkapan dewan dituntaskan.

?Kami upayakan, mulai pekan keempat September sudah bisa ?running? untuk pembahasan APBD 2020. Kami memiliki waktu sekitar 60 hari untuk menyelesaikan pembahasan anggaran,? kata Ketua Sementara DPRD Kota Jogja Danang Rudiyatmoko usai rapat paripurna penetapan keputusan tentang calon pimpinan DPRD Kota Yogyakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurut Danang, sisa waktu selama 60 hari dinilai cukup untuk menyelesaikan pembahasan APBD 2020 karena Pemerintah Kota Yogyakarta juga sudah menyerahkan KUA PPAS pada pertengahan tahun.

?Jadi tinggal pembahasan saja. Dinamika mungkin ada, tetapi harapannya ada komitmen bersama dari eksekutif dan legislatif untuk menyelesaikan pembahasan tepat waktu. Apalagi, ini adalah anggota dewan yang baru dilantik sehingga memiliki semangat baru,? sambungnya.

Seluruh anggota DPRD Kota Yogyakarta menurut Danang juga akan menjalani bimbingan teknis yang diharapkan dapat mendukung kelancaran pembahasan anggaran.

Di samping membahas APBD 2020, DPRD Kota Yogyakarta juga masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan enam rancangan peraturan daerah (raperda) yang sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2019.

?Pembahasan raperda juga bisa dilakukan sejalan dengan pembahasan APBD 2020. Tentunya, kami akan melihat materi mana yang sudah siap terlebih dulu,? ungkap Danang.

Saat ini, DPRD Kota Yogyakarta sudah menetapkan anggota fraksi dan calon pimpinan DPRD Kota Yogyakarta yaitu Danang Rudiyatmoko sebagai ketua, HM Fursan sebagai wakil ketua I, dan Dhian Novitasari sebagai wakil ketua II.

Hasil rapat paripurna tentang penetapan calon pimpinan DPRD Kota Yogyakarta kemudian disampaikan ke Pemerintah DIY melalui Walikota Yogyakarta untuk ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur DIY. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.