Berita Nasional Terpercaya

Ini Lima Soft Skill yang Wajib Dimiliki Calon Akuntan

0

BERNAS.ID – Salah satu jurusan kuliah yang cukup populer di Indonesia adalah akuntansi. Jurusan tersebut diminati karena banyaknya peluang kerja yang tersedia bagi akuntan. Namun, untuk dapat bersaing di dunia kerja calon akuntan tidak cukup hanya mengandalkan hard skill, tetapi juga harus memiliki soft skill. Berikut adalah lima soft skill yang wajib dimiliki oleh calon akuntan, menurut perusahaan konsultan sumber daya manusia terkemuka di Amerika Serikat, Robert Half.

Pengetahuan Bisnis

Soft skill pertama yang wajib dimiliki oleh calon akuntan adalah pengetahuan bisnis. Pasalnya, semakin hari lingkup kerja akuntan akan semakin luas, sehingga calon akuntan yang ingin berhasil dalam karier perlu memiliki pengetahuan bisnis yang baik. Seorang calon akuntan misalnya perlu memahami gambaran besar sebuah perusahaan. Mereka perlu mengetahui tugas-tugas setiap departemen dan bagaimana departemen-departemen tersebut saling berhubungan. Pemahaman itu akan membuat calon akuntan bekerja lebih baik karena mereka mengetahui bagaimana pekerjaan mereka berdampak pada perusahaan secara keseluruhan.

Kemampuan Leadership

Kemampuan kepemimpinan atau leadership adalah soft skill kedua yang harus dimiliki oleh calon akuntan. Perusahaan biasanya lebih menginginkan calon akuntan yang memiliki kemampuan leadership ketimbang yang tidak. Calon akuntan yang memiliki kemampuan leadership diharapkan mampu melangkah ke peran yang lebih senior ketika dibutuhkan. Perusahaan biasanya juga mencari calon akuntan yang optimistis dan bisa beradaptasi dengan cepat.Hal itu dibutuhkan supaya mereka mampu menjadi katalisator di dalam tim. Mereka diharapkan mampu menghasilkan ide-ide segar dan memotivasi personel tim.

Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi adalah soft skill ketiga yang wajib dimiliki oleh calon akuntan. Kemampuan berkomunikasi yang dimaksud di sini bukan sekadar kemampuan berkomunikasi secara umum, melainkan kemampuan berkomunikasi yang berhubungan dengan bidang keahlian mereka. Seorang akuntan diharapkan mampu menceritakan kisah di balik angka-angka yang mereka catat dengan bahasa yang mudah dipahami awam. Hal ini khususnya berguna jika seorang akuntan perlu memberi tahu kolega atau klien mereka yang tidak terbiasa dengan istilah-istilah di bidang akuntansi. Kemampuan komunikasi ini juga tidak hanya meliputi kemampuan verbal, tetapi juga tertulis dan visual.

Orientasi Pelayanan

Soft skill keempat yang wajib dimiliki oleh calon akuntan adalah orientasi pelayanan. ?Apa yang bisa saya bantu,? adalah ungkapan yang tidak boleh jauh dari akuntan. Pasalnya, sangat penting bagi sebagian besar perusahaan untuk dapat mempertahankan pelanggan. Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah membuat mereka senang dengan pelayanan perusahaan, termasuk pelayanan memuaskan yang diberikan oleh akuntan.

Melek Teknologi

Soft skill kelima yang juga harus dimiliki oleh calon akuntan adalah melek teknologi. Seorang calon akuntan paling tidak harus mengikuti perkembangan teknologi yang berhubungan dengan akuntansi. Mereka misalnya harus mahir menggunakan program perangkat lunak khusus akuntansi. Selain itu, calon akuntan juga harus terbiasa dengan cloud computing atau komputasi awan yang kini digunakan oleh banyak perusahaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.