Berita Nasional Terpercaya

Liga Cerdikiawan, Ajak Siswa SMA Kampanye Berkendara Aman Berbasis Aplikasi

0

YOGYA, BERNAS.ID– Data Ditlantas Polda DIY mengungkapkan bahwa angka kecelakan lalu lintas di DIY cukup tinggi. Bahkan di kuartal pertama tahun 2019, angka kecelakaan lalu-lintas di DIY mencapai 1.831 kasus dengan memakan korban jiwa 117 orang dan rata-rata korban kecelakaan adalah mereka yang masih berusia produktif antara 15-35 tahun.

Melihat fenomena ini, Gojek sebagai salah satu aplikasi transportasi menggelar Liga Cerdikiawan, sebuah kampanye keamanan berkendara transportasi berbasis aplikasi bagi kalangan SMA di Yogyakarta. Hal ini dilakukan guna menghadirkan transportasi  yang aman dan nyaman bagi masyarakat Yogyakarta terutama kalangan siswa sebagai pengguna aktif fasilitas transportasi publik.

Peluncuran program Liga Cerdikiawan dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan DIY, perwakilan Dinas Pendidikan DIY dan VP Region Gojek Jawa Tengah DIY, Delly Nugraha, Rabu (11/9/2019) di Yogyakarta.

Delly Nugraha menyampaikan, keselamatan para pengguna transportasi berbasis aplikasi terutama pengguna dari kalangan siswa merupakan prioritas bagi Gojek. Keamanan dan keselamatan adalah faktor paling penting yang harus dimiliki tak terkecuali bagi GoRide (ojek online) dan GoCar (taxi online) Gojek.

“Sebagai platform yang mengedepankan inovasi teknologi digital, Gojek telah mengembangkan fitur Safety yang bermanfaat untuk  keamanan pengguna layanan maupun mitra driver Gojek. Melalui ajang ini juga kami mengajak para siswa SMA untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengkampanyekan keamanan menggunakan  transportasi berbasis aplikasi dengan kompetisi vlog,? ujar Delly.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Raharjo menyatakan, menyambut baik upaya Gojek untuk memprioritaskan keamanan bagi pengguna dan mitra driver. Lewat kesempatan ini, ia berharap makin banyak pelajar yang  menggunakan sarana angkutan umum.

“Upaya kampanye dan sosialisasi ini sangat tepat dimulai sejak dini, khususnya kepada para pengguna kalangan pelajar yang beberapa dari mereka berusia di bawah ketentuan untuk berkendara sendiri, sehingga mereka memilih sarana transportasi umum maupun yang berbasis aplikasi,” katanya.

Lewat kesempatan ini, Gojek mengajak para siswa SMA turut serta mengkampanyekan keamanan transportasi berbasis aplikasi. Gojek menggelar kompetisi video Life Hack Cerdikiawan at School, sekaligus mengasah kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah bagi para siswa di SMA di DI Yogyakarta.

Karya yang diunggah harus murni karya dari masing-masing peserta dan wajib mencantumkan tagar #PastiAdaJalan dan #CerdikiawanSchooljogja. Tiga pemenang terpilih akan menerima paket dana bantuan pendidikan senilai 12.4 juta rupiah dari Gojek.

Selain itu, sekolah dengan penggunaan Gojek terbanyak selama periode tiga minggu akan mendapatkan hadiah senilai 30 juta rupiah untuk mendukung kegiatan internal Sekolah.  

Angelina Nawang, siswi SMA N 9 Jogja merasa senang dengan program ini, karena dirasa mampu mengasah kreativitas siswa. Ia siap membuat konten yang spesial untuk memenangkan lomba ini.

“Kalau menang hadiahnya bisa untuk event-event OSIS,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.