Berita Nasional Terpercaya

Puluhan Mahasiswa Jogja Demo Tolak Revisi RUU KPK

0

YOGYA, BERNAS.ID – Puluhan mahasiswa dari beberapa kampus yang tergabung dalam Gerakan Anti Korupsi Yogyakarta melakukan unjuk rasa di kantor DPRD DIY, Kamis (12/9/2019) siang. Massa aksi menolak dengan tegas Rancangan Revisi Undang-undang KPK secara keseluruhan.

Koordinator aksi Aji Hari menyatakan, hal itu dilakukan karena aturan yang termuat dalam Rancangan Revisi Undang-undang KPK dinilainya tidak mewakili semangat menguatkan KPK sebagai lembaga penegak hukum dalam hal pemberantasan korupsi.

“Ada beberapa hal dalam Rancangan Revisi Undang-undang KPK yang kontroversial dan mengingkari spirit penguatan KPK,” ujarnya.

Yang utama, pembahasan RUU menurutnya harus berdasarkan program legislasi nasional (Prolegnas). Padahal RUU KPK ini tidak termasuk dalam Prolegnas 2019.

“Maka dengan ini terjadi pelanggaran formil dalam pembahasan Revisi UU KPK ini,” katanya.

Karena itu pihaknya mendesak Presiden Jokowi untuk menolak Revisi UU KPK ini. Pihaknya juga mendesak DPR RI untuk membatalkan pembahasan Rancangan Revisi Undang-undang KPK.

“Presiden harus menepati janji dalam rangka penguatan KPK untuk mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.