Berita Nasional Terpercaya

Saut Mundur Dari Jabatan Pimpinan KPK, Karena Gagal Hadang Firli ?

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, mundurnya Saut Situmorang dari posisi Wakil Ketua KPK, diduga karena gagal menghentikan laju Firli untuk menjadi pimpinan KPK.

“Mereka merasa misinya nggak berhasil ya mengundurkan diri,” ucap Masinton di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Di sisi lain, lanjut Masinton, sikap Saut ini juga menjadikan Komisi III ragu atas integritas dan sikap bertanggungjawab sebagai pimpinan KPK. Padahal, kata dia, Saut selama bekerja 4 tahun di KPK ini sudah digaji pemerintah alias dengan uang rakyat.

“Mereka kan digaji negara untuk bekerja profesional, lalu kesempatan itu malah mereka gunakan untuk aktivitas politik menyerang orang. Ketika keinginan mereka tidak terpenuhi lalu mengundurkan diri. Pertanggungjawabkan dong semuanya sampai selesai masa jabatan,” tutur Masinto, dalam rilis yang diterima redaksi.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufiqulhadi tidak bisa berkomentar lebih jauh mengenai latar belakang mundurnya Saut.

Sebab tidak ada pernyataan dari Saut  secara langsung bahwa yang bersangkutan mundurnya karena terpilihnya lima pimpinan KPK yang baru, termasuk mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Firli Bahuri di dalamnya. Hanya saja, menurut Taufiq, mundurnya Saut menandakan yang bersangkutan tidak bertanggungjawab.

“Kan tidak ada statemen seperti itu (mundurnya Saut karena Firli), maka saya tidak bisa menanggapi. (Hanya saja Saut) Nggak bertanggungjawab. (Padahal) sisa masa jabatannya masih tiga bulan, harusnya dia selesaikan itu,” kata Taufiq

Menurut Taufiq, semestinya Saut bisa bertahan menuntaskan tugasnya yang hanya tersisa tiga bulan lagi. Jangan, kata dia, ketika mau dipilih sebagai pimpinan KPK dulu bersemangat melakukan lobi.

“Jangan hanya bersemangat ketika dulu dipilih itu dia minta pejabat untuk mendukung dia. Kemudian bertemu untuk melakokan lobi biar dipilih. Sekarang tiba-tiba mengundurkan diri di tengah jalan, padahal 3 bulan lagi dia selesai,” ucap Taufiq.(fir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.