Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Curiga Karhutla di Riau Diorganisir

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo keheran saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Merbau, Riau. Dia menduga karhutla sengaja dilakukan dan terorganisir.

Jokowi, Selasa (17/9/2019) mengunjungi lokasi karhutla. Dia berangkat dari Lapangan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Sebelum berangkat, Jokowi lebih dahulu mengecek persiapan hujan buatan yang dilakukan petugas. Pesawat milik TNI AU diterbangkan untuk menebar garam dengan harapan terciptanya hujan.

?Sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada, kita berdoa semoga jadi hujan, Insya Allah hari ini. Segala upaya sudah kita lakukan. Tapi memang juga lewat water bombing lewat 52 pesawat. Artinya, segala upaya kita lakukan,? kata Presiden Jokowi.

Jokowi mengajak masyarakat tidak lagi membakar lahan. Tindakan tegas akan dikenakan bagi para pelanggar.

?Saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan, baik hutan maupun gambut. Upaya hukum akan kita lakukan, baik yang perorangan maupun korporasi, semuanya akan ditindak tegas,? tuturnya.

Selain di Merbau, Presiden Jokowi juga mengecek karhutla di Kampar. Di sana ia melihat petugas yang sedang berusaha memadamkam karhutla. Jokowi juga berjalan melintas area yang sudah gosong karena terbakar. Lokasi ini berada di atas lahan gambut.

Saat meninjau Kampar, Jokowi yang didampingi Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Setelah meninjau, Jokowi menyebut ada aparat yang berjibaku lebih dari sebulan menangani karhutla. Oleh sebab itu, ia menekankan pentingnya upaya pencegahan.

?Pencegahan itu lebih efektif. Tidak membutuhkan biaya besar. Tapi kalau sudah kejadian seperti kita lihat sekarang ini, perlu kerja keras yang luar biasa. Tadi saya Tanya petugas TNI dan Polri di sini sudah berapa hari berusaha memadamkan api? Katanya lebih dari satu bulan,? ungkap Jokowi.

Jokowi menduga karhutla di Merbau disengaja dan dilakukan secara teroganisir.

?Kalau kita lihat luasannya besar sekali, ini teroganisir. Nanti akan tanyakan ke Kapolri bagaimana penanganannya. Sekali lagi, pecehagan dilakukan oleh desa, camat, bupati, Babinsa, Bhabinkamtimbas, Polsek, Koramil. Yang pertama harus dilakukan adalah pencegahan,? tegasnya.

Jokowi menyebut peristiwa karhutla ini sudah ditangani Kementerian LHK. ?Akan kita selidiki, apakah kesengajaan yang teroganisir atau memang rakyat yang ingin berkebun,? pungkas Jokowi. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.