Berita Nasional Terpercaya

Ini Potensi Desa Bangunkerto

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Desa Bangunkerto merupakan salah satu desa budaya dan wisata yang  terdapat di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Lokasi Desa Bangunkerto Turi terletak di Jalan Turi – Tempel KM 4.

Kepala Desa Bangunkerto, Anas Makruf, mengungkapkan jumlah penduduk di Desa Bangunkerto ada 9.330 jiwa, dengan banyak potensi yang ada.

“Potensinya terdiri dari sumber daya manusia dan sumber daya alam. Mayoritas penduduknya bertani salak pondoh, yang juga menjadi ciri khas Desa Bangunkerto,” ujarnya saat dijumpai bernas.id di kantor setempat, Selasa (17/9/2019).

Anas menambahkan di desa Bangunkerto juga ada potensi wisata yakni Desa Wisata Kelor, Desa Wisata Plosokuning, dan Desa Wisata Pulewulung. ” Desa Wisata Kelor sekarang sudah eksis, Pulewulung dan Plosokuning sudah mulai menggeliat serta sudah banyak dikunjungi wisatawan,” terangnya.

Untuk mendukung agar semuanya bisa berjalan dengan baik, Anas membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dengan adanya Bumdes diharapkan perekonomian masyarakat di Desa Bangunkerto dapat meningkat. “Secara tidak langsung dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Yang tidak kalah penting adalah 'Greget' masyarakat Bangunkerto,” katanya.

Dia juga berharap kedepannya Desa Bangunkerto menjadi desa yang mandiri, sehingga masyarakat bisa melakukan kegiatan dari dan untuk masyarakat dengan semangat kerja gotong-royong. (ank/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.