Berita Nasional Terpercaya

BPBD Sleman Kirim Air Bersih ke Prambanan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman kembali melakukan droping air bersih di Dusun Jali, Desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. BPBD membawa sebanyak 9 tangki air bersih yang disalurkan di tendon air milik warga, Jumat 20 September 2019.

Droping air bersih menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam penanggulangan kekurangan air di wilayah Dusun Jali tersebut. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa bronjong sebanyak 20 buah yang rencananya akan digunakan sebagai penahan tanah agar tidak longsor saat musim hujan nanti. Adapun pengerjaannya akan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar yang ditargetkan selesai sebelum musim hujan datang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupate Sleman, Joko Supriyanto mengatakan bahwa droping air kali ini merupakan yang keenam kalinya. Ia menyebut sejak pertama kali pihaknya melakukan droping pertama kali pada tanggal 10 September 2019 lalu hingga saat ini, sudah ada sebanyak 36 tangki yang didroping di wilayah tersebut.

?Selain dari BPBD, ada beberapa pihak swasta yang droping di sini. Total semuanya sudah ada 60 tangki,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa BPBD Sleman telah menyiapkan 300 tangki untuk mengatasi kesulitan air di Kecamatan Prambanan tersebut. Dikatakan pula bahwa jumlah tersebut dipastikan cukup hingga musim hujan tiba.

Sementara Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, yang juga ikut pada kegiatan ini mengatakan bahwa Pemerintah Kebupaten Sleman menjanjikan kepada warga bantuan berupa pompa air serta perangkat pendukung lainnya sehingga diharapkan tidak ada lagi droping air ke wilayah tersebut untuk tahun-tahun berikutnya.

?Tapi ini tidak berarti tidak bijaksana dalam menggunakan air. Silakan gunakan air untuk hal-hal yang perlu saja,” ujar Sri Muslimatun.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk membuat tendon air guna menampung air hujan nanti. Air hujan yang ditampung itu nantinya akan dapat dimanfaatkan saat datang musim kemarau seperti saat ini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.