Berita Nasional Terpercaya

Gubernur BI Panen Cabai di Ngemplak Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dan Bupati Sleman, Sri Purnomo memanen cabai perdana hasil binaan program coorporate social responsibility (CSR) Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman di Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Minggu 22 September 2019.

Cabai yang dipanen tersebut ditanam di Demonstration Plot (Demplot) pada lahan seluas 7 hektar dengan penerapan teknologi pertanian. Yakni, penerapan sistem Irigasi Drip dan penggunaan Pupuk Hayati yang berkerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan program sosial BI kepada Kelompok Tani Sido Makmur dan Taruna Bumi berupa embung dengan luas 645 m2, Balai Lelang Cabai, serta meluncurkan aplikasi website manajemen pasar lelang bernama Panenin.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan pihaknya akan selalu terus berupaya untuk menjaga kestabilan ekonomi Indonesia, salah satunya dengan peningkatan kapasitas ekonomi pelaku UMKM dan mengurangi tekanan inflasi pada produk komoditas bahan pokok seperti cabai.

?Mengingat cabai adalah produk komoditas bahan pokok. Selain itu harga cabai masih lumayan bagus, kisaran 35 ribu rupiah dan jika panen besar 15 ribu rupiah maka dipilihlah cabai di Program Pengembangan Klaster ini di Dusun Pondok 1 Wonolelo ini,? ujarnya.

Perry juga berharap dengan dibangunnya embung dari program sosial BI tersebut, akan dapat membantu meningkatkan produktivitas warga. ?Embung yang dibangun dengan luasan sekitar 700 meter persegi diharapkan mampu mengairi kurang lebih 50 hektar,? ucap harapnya.

Perry pun tak lupa berpesan kepada para petani untuk selalu bersedekah dari hasil yang didapat agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. ?Jangan lupa kepada para petani, setelah dibangun embung ini dan hasil produksi meningkat, selalu bersedekah agar rezeki yang didapat selalu berkah,? katanya.

Sedangkan, Bupati Sleman Sri Purnomo dalam sambutannya menyambut baik dibangunnya embung di Wonolelo, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak tersebut. Ia berharap dengan kehadiran embung  tersebut dapat memberikan semangat baru kepada para petani. ?Dengan embung ini diharapkan dapat memperpanjang waktu panen, meski sedang musim kemarau para petani tetap dapat berproduksi di musim kemarau, atau dimusim penghujan,? tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.