Berita Nasional Terpercaya

Trending Topic Ajakan Aksi Damai #GejayanMemanggil di Lini Massa Twitter

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Terpantau di media sosial Twitter Minggu sore (22/9), viral ajakan untuk mahasiswa dan elemen masyarakat guna mengikuti aksi damai di pertigaan Colombo, Jalan Gejayan, Yogyakarta, Senin besok (22/9) pada pukul 1 siang. Tagar #GejayanMemanggil pun mewarnai lini massa timeline Twitter dengan menjadi trending topic karena 4 ribu orang telah menge-tweet-nya.

Dalam poster yang viral di media sosial, aksi massa ini akan berkumpul dulu pada jam 11.00 WIB pada tiga titik kumpul utama, pertama di gerbang utama Kampus Sanata Dharma, kedua pertigaan revolusi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan ketiga, Bunderan Universitas Gadjah Mada.

Dalam poster, alasan dilakukan aksi damai karena munculnya keresahan atas kebebasan dan kesejahteraan yang terancam oleh RKUHP, UU KPK, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, kriminalisasi aktivis di berbagai sektor, ketidakseriusan pemerintah dalam menangani isu lingkungan, dan RUU PKS yang tak kunjung disahkan.

Berikut ini, sejumlah tweet yang mencuit tentang aksi damai #GejayanMemanggil

Akun Twitter Ketua BEM UGM, Obed Kresna yang beralamat di @obedkresna, mencuit: Aksi Aliansi Rakyat Bergerak adalah aksi damai mahasiswa & masyarakat di Jogja sbg protes atas buruknya kinerja elit politik & penguasa saat ini. Aksi ini butuh bantuanmu! Aliansi membuka saluran dukungan kpd siapapun yg mau berdonasi bagi aksi besok, silahkan #GejayanMemanggil

Akun Twitter Aramadhan D Hatta yang beralamat di @akunikal, mencuit: Besok, seluruh elemen masyarakat sipil akan berkumpul di Gejayan, tanpa sekat dan juga batas. Datanglah, jangan merasa sendirian. Besok keresahanmu akan berkumpul bersama keresahan lain di Gejayan.

Akun Twitter Ibrohim_ziedni yang beralamat di @ziedni1, mencuit: Kosongkan kelas-kelas, kita turun ke jalan, kita ketemu di kejayan.
#GejayanMemanggil 
#hiduprakyatindonesia

Akun Twitter Nadjib yang beralamat di @nadjibxrosyid, mencuit: Aksi massa adalah jalan yang patut dilakoni demi demokrasi!!! #GejayanMemanggil

Akun Twitter  Panjek yang beralamat di @panjipanjk, mencuit: Mahasiswa organik bergerak, berpihak pada kemanusiaan dan bertumpu pada akal sehat. Ketika hati ini terketuk melihat negara sedang diperkosa oleh pemerintah, maka jalan satu-satunya: Parlemen Jalanan. #GejayanMemanggil.

Diketahui, Gejayan di tahun 1998 menjadi saksi perlawanan mahasiswa dan masyarakat Yogya terhadap rezim yang represif. Nama Gejayan populer setelah terjadi bentrokan mahasiswa dan aparat atau lebih dikenal dengan sebutan Tragedi Yogyakarta. Peristiwa Gejayan adalah peristiwa bentrokan berdarah pada Jumat 8 Mei 1998 di daerah Gejayan, Yogyakarta, dalam demonstrasi menuntut reformasi dan turunnya Presiden Soeharto. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.