Berita Nasional Terpercaya

Redam Kecemasan Pengguna, FB Akan Sembunyikan Jumlah Like

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Facebook mulai menguji fitur yang bisa menyembunyikan jumlah like di Australia pada Jumat (27/9). Sebagaimana dilansir dari The Verge, fitur tersebut akan menyembunyikan jumlah like pada sebuah postingan, sehingga hanya bisa dilihat oleh pemilik postingan tersebut.

Menurut Facebook, uji coba tersebut bertujuan untuk menambah kepuasan pengguna. Pasalnya, saat ini banyak pengguna yang merasa cemas hanya karena postingannya tidak mendapatkan banyak like. ?Kami sedang menjalankan uji coba terbatas di mana like, reaksi dan tampilan video dibuat pribadi di Facebook. Kami akan mengumpulkan umpan balik untuk memahami apakah perubahan ini akan meningkatkan pengalaman pengguna,? kata seorang juru bicara Facebook sebagaimana dikutip The Verge. ?Tentu saja, tujuan uji coba ini adalah untuk membuat pengguna senang untuk terus menggunakan Facebook, jadi jika tes terbukti berhasil membuat orang tetap memposting dan menyukai, fitur tersebut kemungkinan akan menyebar ke lebih banyak negara,? lanjutnya.

Facebook sendiri mendasarkan uji coba ini pada sebuah penelitian yang dilakukan peneliti aplikasi seluler Jane Manchun. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang jumlah like pada sebuah postingan media sosial berkaitan dengan tingkat kecemasan pengguna. Tingkat kecemasan itu, menurut penelitian tersebut, cenderung berkurang jika jumlah like hanya bisa disembunyikan dan hanya dilihat oleh pemilik postingan.

Uji coba yang dilakukan Facebook ini, sebenarnya bukan yang pertema. Sebelumnya, Instragram telah memulai uji coba serupa di Kanada. Uji coba tersebut diperluas setelah pengguna melaporkan bahwa mereka menyukai fitur yang mempu menyembunyikan jumlah like itu. (aji)

Leave A Reply

Your email address will not be published.