Berita Nasional Terpercaya

Ini Cara Jawab Pertanyaan ‘Ceritakan tentang Diri Anda’ saat Wawancara Kerja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Salah satu tahap yang mesti dilewati oleh pencari kerja adalah wawancara. Wawancara kerap merupakan tahapan yang penting karena menentukan seseorang diterima atau tidak. Sayangnya, tidak semua orang bisa melalui tahap wawancara kerja dengan baik. Menurut riset yang dirilis Forbes, salah satu pertanyaan yang kerap menjadi momok dalam wawancara kerja adalah ?ceritakan tentang diri Anda.? Jika Anda juga merasa kebingungan dengan pertanyaan tersebut, berikut adalah cara menjawabnya, sebagaimana dilansir majalah finansial Amerika Serikat itu.

Ceritakan Hal yang Penting bagi Perusahaan

Kunci menjawab pertanyaan ?ceritakan tentang diri Anda? adalah menentukan konten yang akan Anda sampaikan. Pilihlah konten terkait dengan hal-hal yang penting bagi perusahaan. Anda misalnya bisa menunjukkan kepada pewawancara seberapa antusias Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ansda juga bisa menceritakan tentang bagaimana latar belakang keluarga atau sekolah Anda memengaruhi visi hidup Anda. Ceritakan pula tentang bagiamana pekerjaan yang Anda inginkan mendukung Anda mencapai visi tersebut. Namun ingat, jangan terjebak untuk menceritakan hal-hal pribadi yang tidak penting diketahui oleh pewawancara Anda.

Ceritakan tentang Kekuatan Anda

Anda juga bisa menjawab pertanyaan ?ceritakan tentang diri Anda? dengan menceritakan kekuatan Anda. Kekuatan yang dimaksud di sini adalah kemampuan-kemampuan di luar hard skill yang berguna dalam pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki ketrampilan menyatukan orang dan membangun organisasi, jangan ragu untuk menceritakannya. Jika Anda memiliki ketrampilan memengaruhi tim, jangan ragu pula untuk menceritakannya. Hal itu akan menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima Anda.

Ceritakan Kepribadian Anda

Untuk menjawab pertanyaan ?ceritakan tentang diri Anda,? Anda juga bisa menceritakan tentang kepribadian Anda. Kepribadian adalah salah satu hal yang penting diketahui oleh perusahaan. Pasalnya, saat bekerja, Anda harus berhubungan dengan banyak orang. Baik atau tidaknya hubungan tersebut tergantung pada kepribadian Anda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya tidak berpura-pura menjadi orang lain. Ceritakan kepribadian Anda sejujurnya. Anda misalnya tidak perlu berpura-pura menjadi orang yang serius dan kaku, jika Anda sebenarnya adalah orang yang suka bercanda. Anda juga tidak perlu berpura-pura menjadi orang yang suka berbicara, jika Anda sebenarnya adalah orang yang pendiam. Keotentikan Anda akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan.

Ceritakan dengan Menarik

Apapun jawaban Anda untuk pertanyaan ?ceritakan tentang diri Anda? tidak akan berguna, jika Anda tidak mampu menceritakannya secara menarik. Untuk itu, Anda sebaiknya mempersiapkan jawaban sebelum memulai wawancara. Namun, jangan pula hanya menghapalnya. Bicaralah serileks mungkin, tetapi jangan kehilangan fokus. Selain itu, pilihlah kalimat-kalimat yang to the point, sehingga mudah dipahami dan tidak bertele-tele. (aji)

Leave A Reply

Your email address will not be published.