Berita Nasional Terpercaya

Lampu PKL Malioboro Siap Diganti Jenis LED

0

YOGYA, BERNAS.ID – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta siap melakukan penggantian lampu neon yang kini terpasang di kios pedagang kaki lima (PKL) kawasan Malioboro. Lampu akan diganti dengan jenis light emitting diode (LED) yang lebih hemat energi.

?Penggantian lampu ini juga disebabkan lampu neon di PKL Malioboro sudah berusia tua. Sudah mencapai maksimal pemakaian dan harus diganti,? kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerangan Jalan Umum Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Suko Darmanto, Jumat (27/9/2019).

Sebelumnya, lampu yang digunakan PKL Malioboro baik di sisi timur maupun barat memiliki daya 40 watt dan akan diganti dengan LED dengan daya 20 watt.

Di samping lebih hemat energi dan ramah lingkungan, Suko mengatakan, LED memiliki ?life time? yang lebih panjang dan kekuatan penyinaran yang lebih baik dibanding lampu neon sehingga suasana PKL saat malam hari akan terlihat lebih terang.

Total titik lampu yang akan diganti mencapai sekitar 600 titik. Setiap PKL, khususnya makanan biasanya memakai sebanyak tiga hingga empat titik lampu di tiap kios mereka.

?Lelang sudah selesai tinggal penandatanganan kontrak dan kami segera melakukan sosialisasi dilanjutkan penggantian lampu ke PKL Malioboro. Anggarannya total Rp.600 juta,? kata Suko.

Penggantian lampu untuk PKL di sisi barat jalan akan dilakukan dari ujung utara hingga ujung selatan Jalan Malioboro, sedangkan di sisi timur dilakukan dari gerbang Kepatihan hingga Pasar Beringharjo. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.