Berita Nasional Terpercaya

Polda DIY: Demo Gejayan Memanggil #2 Berjalan Semestinya

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Aksi unjuk rasa Gejayan Memanggil #2 berjalan damai tanpa ada ketegangan sedikit pun dengan aparat keamanan. Semua berjalan tertib hingga massa membubarkan diri sekitar pukul setengah lima sore, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (30/9).

Dalam mengamankan aksi unjuk rasa, Wakapolda DIY, Brigjen Pol Karyoto mengatakan Polri, khususnya jajaran Polda DIY mengedepankan humanisme dan memperhatikan kepentingan masyarakat walaupun beberapa jalan harus ditutup. Menurutnya, langkah itu bertujuan untuk memberikan ruang kepada pengunjuk rasa agar bisa melakukan aksi damai. “Hampir empat jam memonitor, tidak ada (gesekan-red). Semuanya berjalan sebagaimana mestinya,” katanya ketika berada di depan Kantor RRI Yogyakarta, sisi selatan lokasi unjuk rasa Gejayan Memanggil #2.

Ia mengatakan aksi unjuk rasa mahasiswa dan pelajar di Gejayan Memanggil #2 berjalan damai karena mereka kaum yang terpelajarnya. “Artinya, dia mengerti aturan dan mengerti norma-norma yang harus dilakukan,” katanya.

Wakapolda DIY menegaskan yang pertama, kita mengacu kepada pimpinan Polri yang mengedepankan sifat humanisme. “Selama tidak merusak dan melakukan anarkisme, kita akan memonitor dan mengawal mereka,” ujarnya.

“Yang paling utama, melancarkan arus lintas agar masyarakat tidak terganggu,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.