Berita Nasional Terpercaya

Wiwitan Awali Rangkaian HUT Kota Jogja ke-263

0

YOGYA, BERNAS.ID – Memperingati HUT Kota Jogja ke-263, Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah agenda yang bakal menghibur dan mengedukasi masyarakat luas. Sebanyak 22 acara digelar, yang diawali dengan digelarnya Wiwitan Festival Kota Jogja, Selasa 1 Oktober 2019 malam di Balaikota Jogja.

Wiwitan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Jogja Haryadi Suyuti. Ia mengatakan, wiwitan ini adalah penanda awal rangkaian acara, tradisi dalam masyarakat Jawa untuk memulai sebuah acara.

“Mengandung makna bahwa kita bermunajad kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang atas rahmat dan karunia-Nya kita diberikan kemudahan dalam rangkaian HUT Kota Jogja,” katanya.

Walikota berharap, rangkaian acara HUT Kota Jogja ke-263 mampu memberikan makna dan manfaat yang baik kepada warga kota. Sebab HUT Kota Jogja pada hakikatnya menurut walikota adalah ulang tahunnya masyarakat Kota Jogja.

“Semakin banyak usia yang dilalui, seharusnya bukan semakin tua, tetapi semakin muda menggerakkan masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak manfaat,” sambung Haryadi.

Rangkaian acara yang menurutnya menarik adalah Malioboro Coffee Night, yang puncak acaranya digelar besok malam. Sementara, pada puncak HUT Kota, tak kalah menarik, akan digelar Wayang Jogja Night Carnival pada 7 Oktober mendatang.

“Yang suka Indosiar, ada Dangdut Festival. Yang suka Didi Kempot juga ada,” kata Haryadi.

Ia melanjutkan, sebagai penutup, akan digelar pentas wayang kulit pada 31 Oktober di halaman Balaikota Jogja. Dalang yang akan tampil adalah Ki Seno Nugroho.

“Harapan saya balaikota penuh masyarakat,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.