Berita Nasional Terpercaya

Sekjen Kemensos Klaim Angka Kemiskinan Menurun

0

JAKARTABERNAS.ID  –  Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengharapkan peran yang besar dari para kepada jajaran Kemensos, guna mensosilisasikan capaian dari kemensos, kepada masyarakat melalui peran media.

?Pemberitaan melalui media menjadi bagian dari mekanisme kontrol dari publik, sejalan dengan anggaran Kemensos yang makin meningkat dari tahun ke tahun,? ujar Hartono Laras, kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).

Setiap pemimpin di Kementerian Sosial adalah petugas kehumasan. Apalagi UPT yang merupakan garda depan kementerian yang bersentuhan langsung dengan PPKS

Diakuinya, anggaran Kemensos terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2015, anggaran Kementerian Sosial sebesar Rp22,4 triliun, tahun 2018 meningkat menjadi Rp43,3 triliun, dan tahun 2019 meningkat menjadi Rp58,9 triliun. Tahun 2020, anggaran Kementerian Sosial meningkat lagi menjadi sebesar Rp62,77 triliun

“Peningkatan anggaran ini, dimaknai sebagai amanat, kepercayaan, dan harapan dari masyarakat terutama para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS),” jelasnya.

Hartono memastikan, selama ini kinerja pengelolaan anggaran berjalan baik yang dapat dilihat dari angka kemiskinan yang terus menurun, hingga menyentuh di bawah level 1 digit. Yakni sebesar 9,82% per Maret 2018 dan 9,66% per September 2018 terakhir berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 9,41% per Juli 2019.

“Tiga kali berturut-turut, Kemensos mendapat predikat WTP dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),? kata Sekjen. 

Sekjen menyatakan, di era komunikasi digital ini ada anggapan, kalau kita tidak bicara, maka kita tidak bekerja. ?Maka silakan para kepala UPT memanfaatkan keterbukaan informasi ini, lebih proaktif kepada media.(van)

Leave A Reply

Your email address will not be published.