Berita Nasional Terpercaya

Wayang Jogja Night Carnival Bertema Wayang Kapi-Kapi Siap Digelar 7 Oktober

0

YOGYA, BERNAS.ID – Wayang Jogja Night Carnival, event tahunan terbesar yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta, siap diselenggarakan tanggal 7 Oktober 2019 untuk memperingati Hari jadi Kota Yogyakarta ke-263. Wayang Jogja Night Carnival #4 (WJNC) akan dimulai pukul 18:30, dipusatkan di kawasan Jalan Margoutomo atau Mangkubumi.

Yetti Martanti selaku show director WJNC menyampaikan bahwa Wayang Jogja Night Carnival dikonsep dalam bentuk street art, yakni seni pertunjukkan yang dikhususkan untuk ditampilkan di jalanan. Untuk mengakselerasi dan memotivasi tingkat kreativitas masyarakat Wayang Jogja Night Carnival dilombakan bagi 14 kelompok peserta dari 14 kecamatan.

“Total ada 1400 peserta dari 14 kecamatan yang mengambil tema wayang,” ujarnya, Kamis (3/10/2019).

WJNC tahun ini mengambil tema ?Ringgit Wanara Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat? (Wayang Kapi-Kapi) yang akan ditampilkan di sepanjang jalan Sudirman, Tugu Jogja hingga jalan Margo Utomo.

“Kalau tahun lalu cuma ada tiga musik, tahun ini akan ada 14 musik ilustrasi bagi 14 kecamatan,” sambungnya.

KPH Notonegoro selaku perwakilan Kraton Ngayogyakarta menambahkan, Wayang Kapi-Kapi adalah wayang unik khas Jogja era Sri Sultan HB VIII, yang diambil dari kisah Ramayana. Kapi yang merupakan pasukan kera menurutnya memiliki nilai filosofis tinggi, yakni kelompok ciptaan para dewa yang memiliki karakteristik berbeda dan unik bentuk fisiknya, namun mampu bersatu padu melawan Kerajaan Alengka.

“Sayang kalau hilang dan masyarakat tidak tahu. Paling tidak semua yang terlibat mempelajari, dan semua kecamatan punya kapinya masing-masing,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Asung Waluyo menjelaskan, pukul 17:00, area lintasan WJNC akan mulai disterilkan dari kendaraan. Masyarakat nantinya bisa parkir kendaraan di Jalan Kranggan dan Poncowinatan.

“Pukul 16:00 di Jalan Nyoman Oka sudah ditutup, karena persiapannya di sana,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.