Berita Nasional Terpercaya

Serbuan Kotabaru dan HUT Kota Jogja, Peristiwa Istimewa 7 Oktober

0

YOGYA, BERNAS.ID – Tanggal 7 Oktober adalah tanggal istimewa bagi Kota Yogyakarta. Selain diperingati sebagai HUT Kota Jogja, tanggal tersebut juga merupakan peringatan peristiwa Serbuan Kotabaru, yang terjadi pada 7 Oktober 1945.

Pejabat Ketua Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Jogja Jamil menerangkan, Serbuan Kotabaru merupakan peristiwa heroik
penyerbuan markas Jepang di Kotabaru Yogyakarta karena Jepang tidak mau menyerahkan senjatanya pada pejuang Yogyakarta.

Badan Keamanan Rakyat merupakan pemimpin pertempuran di Kotabaru. Selain itu KNID Yogyakarta dan Polisi Istimewa juga ikut serta dengan menjadi penyemangat para pejuang lainnya karena Badan Keamanan Rakyat dan Polisi Istimewa telah memiliki persenjataan yang modern sehingga menjadi pelindung laskar rakyat yang bersenjata tradisional. Para pemuda di sekitar Kotabaru juga ikut dalam pertempuran dengan bergabung dan diberi nama laskar rakyat.

“Dalam pertempuran yang dimenangkan tentara kita ini sebanyak 21 pejuang dan pemuda Yogyakarta gugur,” ujar Jamil di Balaikota Jogja, Jumat (4/10/2019).

Untuk itu, peringatan akan diadakan di Monumen Serbuan Kotabaru, Senin, 7 Oktober 2019 pagi. Direncanakan, upacara peringatan akan dihadiri oleh salah satu pelaku bernama Yohanes Sumijan, yang saat ini berusia lebih dari 90 tahun, dan tinggal di Pakem, Sleman.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kota Jogja Zenni Lingga menerangkan, Pemkot Yogyakarta memberikan fasilitas kepada DHC 45 termasuk anggaran untuk rangkaian acara peringatan Serbuan Kotabaru. Yang berbeda, tahun ini, selain ada upacara, juga ada ziarah ke TMP Kusumanegara, pada esok harinya, 8 Oktober 2019.

“Untuk upacara, akan diikuti 500 orang peserta yang sebagian besar pelajar. Ini penting untuk
Mewariskan semangat kejuangan kepada generasi muda yang merupakan pelajar,” ujar Zenni. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.