Berita Nasional Terpercaya

267 Warisan Budaya Takbenda Telah Ditetapkan Kemendikbud

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Sejalan dengan pasal 19 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Kemendikbud melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan telah melaksanakan kegiatan Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Najamuddin Ramly mengatakan, pihaknya telah menetapkan 267 warisan budaya tak benda Indonesia pada 2019.

Menurut Najamuddin Ramly, kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2013, dan pada tahun ini telah menetapkan 267 warisan budaya tak benda Indonesia melalui sidang penetapan warisan budaya tak benda Indonesia pada Agustus 2019.

“Sepanjang 2013 hingga 2019, Kemendikbud telah menetapkan 1.086 karya budaya,” kata Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Najamuddin Ramly saat konferensi pers di Kemendikbud Jakarta.

Hal ini merupakan rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan di Jakarta pada 7 hingga 13 Oktober 2019.

Pemberian status budaya tak benda menjadi warisan budaya tak benda akan diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

“Mendikbud akan memberikan sertifikat kepada gubernur seluruh Indonesia atau yang mewakili,” katanya.

Lebih lanjut Najamuddin Ramly mengatakan penetapan warisan budaya tak benda itu bertujuan untuk melakukan perlindungan sekaligus mencatat budaya tersebut.

“Pemberian apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap objek dan sumber daya manusia kebudayaan serta upaya untuk perlindungan warisan budaya tak benda melalui inventarisasi, pengamanan, penyelamatan, dan publikasi objek pemajuan kebudayaan yang melibatkan pemerintah daerah, akademisi dan komunitas,” katanya.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Bupati dari beberapa daerah, Kepala Dinas Provinsi Bidang Kebudayaan, Balai Pelestarian Nilai Budaya serta para pemangku kepentingan bidang kebudayaan dan komunitas bidang kebudayaan. (Ivan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.