Berita Nasional Terpercaya

13 Pendaki Gunung Raung Berhasil Dievakuasi Tim SAR

0

BANYUWANGI, BERNAS.ID – Sebanyak 13 orang pendaki Gunung Raung berhasil dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, pada Sabtu (5/10/2019) pukul 11.30 WIB. Pendaki sebanyak 13 orang ini terdiri dari dua orang guide, dua orang porter, dua orang pendaki WNI dan tujuh orang pendaki asal Singapura.

?Sebelum dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, para pendaki yang mengalami luka bakar dan lecet mendapatkan perawatan medis saat sampai di camp 2 oleh tim medis Pos SAR Jember yang tergabung dalam Search and Rescue Unit (SRU) 3,? ujar  Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso melalui siaran pers yang diterima redaksi bernas.id.

Lebih lanjut Asnawi menuturkan, sembari dilakukan perawatan medis terhadap para pendaki yang terluka, anggota rombongan pendaki yang lain dan para personel SRU 1, SRU 2 dan SRU 3 istirahat sejenak sambil makan pagi dengan logistik yang dibawa oleh SRU 3.

Setelah berhasil turun ke Pos Perijinan Pendakian Gunung Raung lewat Kalibaru, para pendaki ini mendapatkan pemeriksaan medis lanjutan oleh petugas Puskesmas Kalibaru. Selanjutnya, petugas Polsek Kalibaru pun meminta keterangan terkait kejadian ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU  untuk membantu evakuasi 13 orang pendaki gunung raung yang terjebak kebakaran hutan di sekitar jalur pendakian lewat Kalibaru, pada Jum?at (4/10/2019).

Dua SRU ini berhasil bertemu dengan 13 orang pendaki di camp 4, pada Sabtu (5/10/2019) pukul 02.36 WIB. Setelah makan dan istirahat memulihkan kondisi fisik, SRU 1 dan SRU 2 mengevakuasi turun para pendaki hingga bertemu dengan SRU 3 di Camp 2.

?Alhamdulillah proses evakuasi 13 orang pendaki berjalan dengan aman dan lancar, meski ditengah, kendala diantaranya angin gunung yang bertiup cukup kencang dan masih adanya kebakaran di beberapa titik di sekitar jalur pendakian gunung Raung,? terangnya.

Keberhasilan proses evakuasi 13 orang pendaki gunung Raung ini berkat kerjasama yang baik antarunsur dalam tim SAR gabungan, seperti dari tim Pos SAR Jember, 851 Rescue, BPBD Banyuwangi, BPBD Jember, Serdadu Alam, SAR OPA Jember, Sekretariat Pendakian Raung, guide dan porter lokasl Raung, serta sejumlah organisasi relawan lainnya. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.