Berita Nasional Terpercaya

Ibu Hamil, lakukan Empat Hal Sedehana Ini untuk Jaga Kesehatan Janin

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Selain ditentukan oleh gen yang diwarisi dari orang tuanya, kesehatan bayi juga ditentukan oleh lingkungan ketika bayi tersebut berada dalam kandungan. Itulah mengapa, setiap ibu hamil diingatkan untuk tidak melakukan hal-hal berbahaya, maupun mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Berikut adalah empat hal sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin, sebagaimana dilansir dari Live Science, Senin, (7/10).

Hindari Obesitas

Obesitas meningkatkan risiko diabetes pada ibu. Hal itu akan meningkatkan risiko persalinan prematur hingga obesitas dan diabetes pada anak. Sebuah studi terbaru juga mengaitkan obesitas pada ibu dengan risiko asma pada bayi. Penelitian tersebut menemukan bahwa hampir 12 persen dari 1.100 anak yang lahir dari ibu gemuk lebih sering menderita sesak napas pada usia 14 bulan, dibandingkan dengan 4 persen dari mereka yang dilahirkan oleh ibu dengan berat badan normal. Untuk mengurangi risiko tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga ringan. Yang paling odeal adalah berjalan setidaknya 20 menit, empat kali seminggu.

Minum Kopi Secukupnya

Dokter dan peneliri telah sepakat bahwa asupan kafein yang tinggi selama kehamilan dapat membahayakan janin. American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan wanita hamil membatasi asupan kafein maksimal 200 miligram setiap hari, atau setara dengan dua cangkir kopi.

Hindari Asap Rokok

Sebagaimana telah diketahui oleh umum, asap rokok sangat berbahaya bagi ibu hamil. Paparan asap rokok pada ibu hamil kerap dikaitkan dengan masalah pernapasan pada bayi. Namun, efek asap rokok ternyata lebih besar dari itu. Sebuah penelitian di Tiongkok misalnya menemukan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang terpapar asap rokok selama kehamilan memiliki risiko menderita gangguan konsentrasi daripada anak-anak dari ibu yang tidak terpapar asap rokok.

Banyak Berjemur

Wanita yang berencana hamil dalam waktu dekat mungkin perlu memeriksa kadar vitamin D dalam tubuhnya. Pasalnya, vitamin D sangat berpengaruh pada kondisi janin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang rendah berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu dan bayi. Penelitian itu mengaitkan rendahnya tingkat vitamin D dengan peningkatan risiko diabetes, pre-eklampsia, dan berat badan lahir rendah. (aji)

Leave A Reply

Your email address will not be published.