Berita Nasional Terpercaya

Seluruh Flight Domestik Akan Dipindahkan ke YIA Pertengahan Januari 2020

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Agus Pandu Purnama, General Manager Angkasa Pura 1 Yogyakarta mengatakan pengerjaan konstruksi bandara internasional Yogyakarta International Airport (YIA) selesai pada Desember 2019.

“Lantai paling atas untuk ruang tunggu YIA juga sudah selesai karena ada posko Nataru (Natal dan Tahun Baru), perpindahan untuk penerbangan domestik akan dimulai di pertengahan Januari, seluruh penerbangan yang domestik akan dipindahkan ke YIA,” jelasnya sesuai melakukan ekspos penggagalan penyelundupan sabu-sabu, di Kantor Rapat Yudhistira AP 1 Yogyakarta, Senin 7 Oktober 2019.

Sedangkan, Pandu menyebut untuk penerbangan internasional, masih menunggu karena harus ada setting untuk CIQ seperti peralatan imigrasi, karantina, bea cukai. Kita memberikan waktu dua bulan. Maret atau awal April sudah siap untuk internasional.

Setelah dipindahkan, di bulan April, Bandara Adisutjipto hanya tinggal penerbangan propeler saja. “Saat ini baru ada 10 flight propeler berbagai tujuan. Bulan April ini insyaallah ada penambahan flight propeler karena Halim Perdanakusuma, Malang, Banyuwangi, Karimun Jawa, belum ada,” katanya.

“Bandung dan Surabaya sudah ada flight propeler,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan untuk Crisis Center di YIA juga sudah 95 persen dan bulan Desember ditargetkan sudah selesai. “Untuk maskapai internasional yang baru eksisting di YIA, misal Emirates dengan pesawat 380 widebody untuk mendukung umroh dan pariwisata. Malaysia dan Singapura sudah ada di bulan April. “Untuk saat ini sudah ada 30 flight di YIA, rute baru paling banyak Jakarta,” katanya.

“Saya mengimbau masyarakat pariwisata untuk memanfaatkan bandara sebaik-baiknya karena kapasitasnya besar,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.