Berita Nasional Terpercaya

Sertijab, KSAU: AAU Berperan Strategis bagi Masa Depan TNI AU

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melakukan serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Akademi Angkatan Udara dari Marsda TNI Tatang Harlyansyah kepada Marsda TNI Nanang Santoso dan penandatanganan pakta integritas Lapangan Dirgantara AAU, Rabu pagi 9 Oktober 2019.

Marsda TNI Tatang Harlyansyah, 
SE, MM akan melaksanakan penugasan baru sebagai Komandan Kodiklatau di Jakarta. Sedangkan, Marsda TNI Nanang Santoso sebelumnya menjabat sebagai Pa Sahli Tk lll Bid Ekkudog Panglima TNI di Jakarta.

Selaku inspektur upacara, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan Akademi Angkatan Udara berada pada posisi yang sangat strategis dalam menentukan masa depan TNI Angkatan Udara. “Selaras dengan hal tersebut, saya juga berkeyakinan bahwa Gubernur, selaku pimpinan tertinggi Akademi Angkatan Udara, tentunya adalah perwira pilihan yang mampu memberi teladan dan membawa kemajuan bagi lembaga yang kita banggakan ini,” katanya sambutannya dalam upacara sertijab Gubernur AAU.

“Jika dikaitkan dengan rencana strategis TNI Angkatan Udara, serta kompleksitas ancaman yang harus kita hadapi, maka kita tidak bisa memungkiri bahwa pendidikan yang dilaksanakan di lembaga ini merupakan salah satu investasi terbesar yang harus kita jadikan prioritas dalam rangka menjawab berbagai ancaman multidimensi,” imbuhnya.

KSAU mengatakan mengacu pada perkembangan ancaman di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi dalam beberapa dekade terakhir. “Kita harus menyadari bahwa ancaman terhadap kedaulatan negara, tidak lagi bersifat tradisional, namun berbentuk hybrid yang bersifat multidimensi, kompleks, dan unpredictable,” ucapnya.

“Realitanya, ancaman yang kita hadapi tidak hanya melibatkan kekuatan militer, namun juga dapat  berasal dari non-militer, serta melibatkan peran ganda, baik oleh state-actor, non-state actor, maupun penggunaan proxy, ancaman cyber, climate change, dan berbagai ancaman lainnya,” tambahnya.

KSAU juga menyebut yang lebih penting, tentunya adalah bagaimana kita menyiapkan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Udara agar memiliki kemampuan yang profesional dan siap mengawaki berbagai sistem tersebut dalam kondisi apa pun. “Hal inilah, yang menjadi kunci utama dalam pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara. Melalui hal ini pulalah, Akademi Angkatan Udara turut memainkan peran krusial dalam menyiapkan generasi penerus pengawal dirgantara sejak dini, agar selalu siap menghadapi ancaman multi-dimensi yang telah menanti di depan kita,” tuturnya.

Sertijab ini turut dihadiri pejabat forkopimda DIY antara lain Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY, Ketua DPRD, Kapolda DIY, Dan Lanal, Kajati, Kapengti, Ka odmil 211 Yogya, dan Ka Dilmil 211 Yogya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.