Berita Nasional Terpercaya

Kota Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Porda 2019

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Paralympic Daerah (Peparda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2019 yang akan resmi dibuka besok Kamis 10 Oktober 2019 malam di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Diungkapkan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) DIY, Joko Pekik,  pelaksanaan Porda dan Peparda berbarengan ini merupakan yang pertama kalinya.  “Biasanya Peparda selalu diadakan setelah Porda, seperti PON setelahnya baru ada Peparnas, ASIAN Games setelah baru diselenggarakan ASIAN Para Games. Tapi untuk kali ini di DIY dibuat berbarengan antara Porda dengan Peparda,” ujarnya, Rabu (9/10/2019) kepada awak media.

Ketua Panitia Pelaksana Porda tahun 2019 sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana mengungkapkan, bahwa pembukaan Porda besok akan meriah dan spektakuler, untuk itu diharapkan kehadiran  seluruh masyarakat Kota Yogyakarta supaya bisa menyaksikan acara pembukaan secara langsung di Stadion Mandala Krida.

“Silahkan masyarakat berbondong-bondong besok malam jam 19.00 WIB datang ke Stadion Mandala Krida menyaksikan pembukaan Porda, Gratis tidak dipungut biaya,” katanya.

Dalam acara pembukaan tersebut sambung Edy Heri akan ada penampilan memukau para penari yang akan memperagakan 38 cabang olahraga yang diperlombakan di Porda dalam sebuah tarian yang sangat spektakuler.

“Jadi nanti kalau cabor renang nanti tariannya gerakannya berenang tapi akan dibuat sangat indah sekali, begitu juga dengan cabor golf nantinya para penari akan membawa stick golf dan memperagakan memukul bola golf dengan menggunakan tarian,” terangnya.

Sedangkan Ketua KONI Kota Yogyakarta, Tri Joko Susanto menargetkan kenaikan perolehan medali dalam Porda kali ini. “Sampai hari ini Kota Yogyakarta masih diperingkat kedua, mudah-mudahan besok saat pembukaan kami bisa diperingkat pertama, dan bertahan sampai penutupan,” katanya.

Seperti diketahui, sebelum dibuka secara resmi besok malam, telah ada 13 cabang olahraga yang dipertandingkan sejak 1 Oktober 2019 lalu, dan untuk Porda tahun ini ada dua cabang olahraga baru, yaitu Yongmodo dan Berkuda. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.