Berita Nasional Terpercaya

Kesbangpol Sleman dan FKUB Sleman Lakukan Kunker ke Kota Pontianak

0

PONTIANAK, BERNAS.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sleman melalukan kunjungan kerja (kunker) dalam bentuk studi orientasi ke Kantor Kesbangpol Kota Pontianak, Jalan Mayjen Sutoyo, Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 8-10 Oktober 2019.

Diungkapkan oleh Ketua rombongan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Sudiro, dipilihnya Kota Pontianak ini sebagai lokasi kunker studi orientasi karena pada tahun 2018 Pemkot Pontianak telah berhasil meraih Harmony Award. “Selain itu, kepedulian pemkot terhadap keberadaan masyarakat, khususnya yang berasal dari etnis terbesar pembentuk budaya di Kota Pontianak seperti Melayu, Dayak, Tionghoa dan Madura, melahirkan berbagai penghargaan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Sudiro yang didampingi oleh Sekretaris FKUB Sleman, Alit Merthayasa, menyampaikan rasa terima kasih atas diterimanya rombongan kunker dari Kabupaten Sleman ini. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pontianak, Rizal, S.Sos, mengaku sangat mengapresiasi atas kunker tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan dari Kesbangpol Sleman dan FKUB Sleman. Di kantor ini kami ada 7 orang staf, namun kami mampu menangkal berbagai kemungkinan yg memantik ketidakharmonisan di masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, Ketua FKUB Kota Pontianak, Abdul Syukur, menyampaikan bahwa kehidupan masyarakat yg multi etnis di Kota Pontianak sangat dinamis. Secara geografis Kota Pontianak yang sangat landai dengan berbagai kegiatan ekonominya sangat memungkinkan adanya kerentanan terhadap ketidakrukunan. “Sedikit saja timbul permasalahan di masyarakat dapat memunculkan konflik etnis yang berkepanjangan,” katanya.

Dia juga menjelaskan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Pontianak untuk menjaga keharmonisan, seperti mengadakan pertemuan rutin bulanan (setiap awal bulan), dengan seluruh tokoh masyarakat dan pemuka agama/etnis yang ada menjadi ajang untuk memproteksi munculnya konflik di masyarakat. Sultan Pontianak secara rutin juga mengadakan pertemuan bulanan bersama para tokoh masyarakat dan pemerintahan.

Rombongan Kesbangpol Sleman dan FKUB Sleman juga berkesempatan mengunjungi Museum Adat, Masjid Mujahiddin, Tugu Khatulistiwa dan potensi ekonomi andalan Pontianak yaitu kebun Aloefera (lidah buaya). (alt/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.