Berita Nasional Terpercaya

Ucap Syukur, 1000 Jeep Kenduri di Bunker Kali Adem

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Sebagai bentuk rasa syukur, 1000 sopir jeep wisata Merapi menggelar Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi di Lapangan Boyong Kaliurang Sleman, Senin pagi 14 Oktober 2019.

Kenduri syukur ini dilakukan sebab pasca erupsi Merapi tahun 2010, para pelaku sopir jeep Merapi justru bisa meraup rupiah melalui jeep wisata yang sangat berdampak pada kesejahteraan. Kegiatan ini pun tak ayal menjadi ajang silaturahmi antarsopir jeep wisata di lereng Merapi.

Juru bicara Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM), Bejo Mulyo menyampaikan bahwa kegiatan kenduri ini juga sekaligus merupakan peringatan Ulang Tahun ke-4 AJWLM. “Kegiatan Kenduri Raya Sewu Jeep tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti gathering yang jeep yang mencapai 1000 lebih, lalu pawai merayap Merapi bersama masyarakat umum dengan naik jeep gratis menuju bunker Kali Adem sebagai ikon Wisata Lava Tour,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

“Di Kali Adem ini dilakukan aksi bersih-bersih bunker Kali Adem dan diakhiri dengan pembagian doorprize dan hiburan,” imbuhnya.

Bejo juga menambahkan bahwa di dalam kegiatan ini juga diisi kampanye tentang zero incident kepada seluruh pengelola jeep wisata. “Harapannya seluruh pengemudi jeep dapat memenuhi SOP keselamatan Jeep Wisata. Saat ini, jeep wisata Merapi telah didampingi dan dibimbing oleh IOF (Indonesia Offroad Federation-red) untuk mengaplikasikan standar keselamatannya, seperti dalam penggunaan helm, safety belt, atau rollbar sesuai klasifikasi jeep yang ditentukan oleh IOF,” ujarnya.

Bejo juga menyampaikan bahwa kendaraan Jeep Wisata Merapi selalu dipantau dan dibina oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dishub Kabupaten Sleman dan juga Polres Sleman.

Sedangkan, Staf Ahli Gubernur DIY Tri Mulyono mengatakan Merapi merupakan destinasi wisata dengan berbagai keunikannya yang harus dijaga bersama. “Oleh karena itu dengan kegiatan ini kebersihan dan keindahan Merapi dapat dijaga. Jangan sampai wisata jeep Merapi ini malah mengotori lingkungan Merapi dengan membuang sampah sembarangan,” katanya.

“Dengan menjaga kelestarian alam merapi maka diharapkan makin banyak wisatawan yang berkunjung ke merapi yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi dihadiri oleh 29 komunitas Jeep yang membawa lebih dari 1000 lebih Jeep yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta dan juga Palembang. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, Staf Ahli Gubernur DIY Tri Mulyono dan juga jajaran Forkopimda Kabupaten Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.