Berita Nasional Terpercaya

Pustakawan Bisa Sejahterakan Masyarakat Melalui Buku

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman menggelar seminar “Pustakawan Berkarya Berbagi Pengetahuan untuk Kesejahteraan” di Aula Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta, Rabu 16 Oktober 2019.

150 peserta mengikuti acara seminar ini seperti dari Ikatan Pustakawan Indonesia, pustakawan dari tingkat sekolah SD/SMP/SMA, pustakawan dari perguruan tinggi, dan pustakawan dari 4 kabupaten di Yogyakarta.

Arif Haryono selalu Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sleman mengatakan tujuan seminar untuk pustakawan harus terus memperbarui pengetahuan dan kompetensi agar bisa memberikan layanan di tingkat desa, khususnya kaum milenial. “Bagaimana menjadikan buku itu menyejahterakan masyarakat sehingga bisa mempercepat pengentasan kemiskinan,” ujarnya saat membuka seminar.

“Pustakawan harus bisa beradaptasi dengan cepatnya perubahan, harus berinovasi, dan kreativitas,” imbuhnya.

Sedangkan, Ayu Laksmidewi, pemerhati sekaligus mantan kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman  mengatakan pustakawan itu harus bisa menjadi sumber informasi atau menunjukkan informasi yang ingin orang tahu. “Kekuatan kita sebagai pustakawan di masyarakat itu besar kalau kita mau bergandeng tangan,” ucapnya.

“Kita perlu menggerakkan unit-unit di masyarakat agar membaca dan literasi itu menjadi kebutuhan masyarakat. Minat baca tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah dan pemerintah tapi masyarakat kita semua,” imbuhnya.

Ayu mengatakan kompetensi itu menjadi bekal yang pokok bagi seseorang sehingga kalau minat baca rendah, perlu kita evaluasi. Ia pun menyarankan agar para penggerak literasi swadaya di masyarakat, jangan diganggu dengan program-program dari pemerintah. “Untuk itu sangat penting agar buku itu tidak hanya koleksi, menjadi baca menjadi karya,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.