Berita Nasional Terpercaya

Ajak Masyarakat Peduli Alam Melalui Pameran

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Bumi yang saat ini kita tinggali bukanlah milik manusia saja. Banyak makhluk hidup seperti tumbuhan dan binatang yang hidup bersama manusia sejak jutaan tahun lalu. Semua makhluk hidup tersebut terus berevolusi mengikuti perubahan yang terjadi di bumi. Dari evolusi yang terus berjalan, manusia berdiri di puncak piramida kehidupan dan mendominasi bumi. Populasi manusia terus bertambah sedangkan alam dan makhluk hidup lainnya perlahan rusak dan mulai menghilang. Hal tersebut terjadi karena ulah manusia dan penemuannya. Alih-alih ingin memanjakan diri atas nama kemajuan, tetapi mengorbankan lingkungan, alam, dan makhluk hidup lainnya. 

?Sebelum Binasa? menjadi tajuk yang membingkai pameran tunggal Andre Prasetia Winata yang digelar di Jogja Gallery, pameran diadakan tanggal 11-20 Oktober 2019. Tema tersebut merepresentasikan keresahan dan pesan Andre dalam menganggapi sebuah peristiwa. Peristiwa yang dimaksud ialah mulai binasanya secara perlahan binatang dan alam karena pencemaran lingkungan. Persoalan tersebut semakin hari semakin buruk. Dampaknya tidak hanya jangka pendek, tetapi jangka panjang sampai ke generasi berikutnya. 

Ke-30 karya Andre Prasetia Winata yang dipamerkan bukan sekedar menyajikan citra binatang dan alam pada khalayak. Melalui karyanya, Andre mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada alam. ?Kita sebagai manusia jangan hanya memikirkan 'kemajuan' tanpa memperdulikan keberlangsungan makhluk lainnya. Tidak ada rumah seindah di bumi, mari mulai peduli pada alam sebelum semuanya binasa karena ulah kita, manusia,? pesan Andre.

Chicilia Rosa Linda Keban, Mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta Jurusan Public Relations

Leave A Reply

Your email address will not be published.