Berita Nasional Terpercaya

Prediksi Komposisi Menteri Kabinet Kerja Jilid II

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko WIdodo sudah rampung menyusun susunan Kabinet Kerja Jilid II. Muncul pertanyaan di publik, siapa saja yang akan menjadi menteri?

Untuk kandidat Menko Polhukam ada nama Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI. Kandidat kuat lainnya yaitu mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko.

Untuk posisi calon Menteri Dalam Negeri (Mendagri) muncul nama Gubernur Sulawesi Utara yang juga Bendahara Umum DPP PDIP, Olly Dondokambey. Sementara nama calon Menteri Luar Negeri, Retno L Marsudi sepertinya masih dipertahankan oleh Presiden Jokowi menempati posisi tersebut.

Sedangkan untuk Menteri Pertahanan ada beberapa nama yang muncul baik dari kalangan sipil maupun militer salah satunya Panglima TNI Hadi Tjahjanto disebut kembali.

Sementara untuk calon Menteri Hukum dan HAM ada pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Di posisi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai kandidat terkuat.

Di posisi Menko Informasi dan Komunikasi (Menkominfo) calonnya ada Wahyu Sakti Trenggono. Dan untuk posisi Jaksa Agung kandidat terkuat yaitu Mahfud MD.

Lalu, mana posisi apa yang akan ditempati Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-ma?ruf Amin, Erick Thohir? Ada yang menyebutkan dia akan menempati di sektor ekonomi hingga Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Di posisi Menko Perekonomian kandidat terkuat adalah Sri Mulyani yang di Kabinet Kerja Jilid I dipercaya sebagai Menteri Keuangan. Sedangkan di Menteri Perindustrian, selain ?incumbent? Airlangga Hartarto juga ada nama mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, juga Mahendra Siregar.

Sementara posisi Menteri Keuangan, nama Sri Mulyani kembali disebut. Selain itu ada Chatib Basri dan Agus Martowardojo.

Di posisi Menteri BUMN, sepertinya Jokowi akan menggantikan Rini Soemarno. Calon penggantinya di antaranya Erick Thohir, Budi Karya Sumadi, Dwi Sutjipto dan Rudiantara. Sedangkan posisi Menteri PPN/Kepala Bappenas kabarnya masih diisi oleh ?orang lama?, Bambang Brodjonegoro.

Menteri Pertanian kabarnya akan ditempati oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Eddhy Prabowo jika Gerindra berkoalisi dengan pemerintahan Jokowi-Ma?ruf Amin. Sementara posisi Menteri PUPR masih akan diduduki Basuki Hadimuljono.

Mantan calon Wakil Presiden Sandiaga Salahudin Uno yang disebut-sebut juga akan mengisi salah posisi menteri, dirumorkan akan menempati posisi Menteri Perdagangan. Ada dua milenial lainnya yang dinilai mampu menempati posisi tersebut, yakni Erick Thohir dan pendiri start up Gojek, Nadiem Makarim.

Sementara untuk posisi Menteri Tenaga Kerja muncul nama politisi Budiman Sudjaimiki, Ganjar Pranowo, Syaifullah Yuusuf (Gus Ipul).

Untuk Kementerian Desa dan Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) akan diisi oleh kader PDIP, yaitu Bambang Wuryanto (Bambang Pacul).

Di posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN diprediksikan akan tetap dipercayakan kepada Sofyan Djalil. Sama halnya dengan kursi Menteri Koperasi dan UMKM akan tetap diduduki oleh AA Gede Ngurah Puspayoga atau Gusti Ayu Bintang Darmavati. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.