Berita Nasional Terpercaya

Wakil Gubernur DIY Secara Resmi Membuka Utsawa Dharma Gita

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara resmi membuka kegiatan Utsawa Dharma Gita di Hotel Front One Resort, Sleman, Minggu (20/10/2019). Utsawa Dharma Gita merupakan festival atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu. Kegiatan ini untuk melestarikan dan mengembangkan Dharma Gita dalam pelaksanaannya di masyarakat.

Dalam sambutan Gubernur DIY yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan ada  tiga dimensi yg berlangsung melalui Utsawa Dharma Gita. Yang pertama adalah dimensi religius karena dapat merefleksikan filosofi Manunggaling Kawula Gusti atau menyatunya manusia dengan Tuhan. Kedua, dapat menunjukkan bahwa budaya adalah hasil cipta dan karsa manusia. 

“Dan yang ketiga adalah kemanusiaan, dimana Utsawa Dharma Gita ini dapat menyatukan umat Hindu sebagai sebuah interaksi komunitas dan berbagi nafas dalam persaudaraan,” ujarnya.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY Muhammad Wahib Jamil, 
berharap dengan melalui seleksi Utsawa Dharma Gita ini, minat literasi umat Hindu DIY semakin meningkat serta pemahaman akan sastra Veda lebih menjadi lebih baik lagi. “Dengan pemahaman pada sastra suci Veda yg menjadi tuntunan dalam kehidupan sehari-hari, umat Hindu akan lebih mewarnai jalinan persaudaraan antar umat beragama dan memperkokoh kedamaian dlm ketiga alam (bhur, bhuwah dan svah loka),” katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita Yogyakarta, I Wayan Senen, menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan dari Pemda DIY untuk kegiatan tersebut. 

Dia menambahkan bahwa acara seleksi Utsawa Dharma Gita ini akan memilih wakil DIY untuk diikutsertakan pada festival tingkat nasional yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang di Manado. 

“Seleksi kali ini diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota dengan 32 cabang lomba, melibatkan sekitar 200 orang peserta. Lomba memiliki kategori anak-anak, remaja, dan dewasa. Dengan dilaksanakannya seleksi UDG diharapkan pengamalan ajaran Hindu semakin meningkat dengan meningkatnya sradha dan bhakti umat ataupun peserta,” pungkasnya. (alt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.