Berita Nasional Terpercaya

Harapan Teman Seangkatan UGM kepada Jokowi di Periode Kedua

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Ir Andriana MP, teman seangkatan Jokowi menceritakan ingatannya ketika masih sama-sama masih menempuh kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) seusai mengikuti acara peletakan batu pertama gedung Integrated Forest Farming Learning  Center (IFFLC), Minggu 20 Oktober 2019.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Wanita yang akrab disapa Ana ini menceritakan sejak sebelum menjadi pejabat, ia bersama teman-teman seangkatannya sering diajak oleh Jokowi untuk sekadar makan bersama.“Jokowi memang suka ngajak kumpul. Saya ingat dulu waktu masih bekerja di PT Kertas Kraft Aceh, ia pernah meminta saya untuk mengumpulkan kawan-kawan seangkatan. Katanya mau bernostalgia begitu. Terakhir, kami diundang ke istana beberapa waktu yang lalu,” tutur dosen Fakultas Kehutanan UGM ini.

Menurut Ana, kebiasaan Jokowi tersebut mungkin terbentuk sejak mahasiswa dulu. “Di Fakultas Kehutanan, kami biasa bersama-sama di hutan untuk kuliah lapangan. Hal itu membentuk ikatan di antara kami. Mungkin itu juga yang dirasakan Jokowi,” tebaknya.

Anna juga menyebut bahwa Jokowi dulu aktif dalam mapala Fakultas Kehutanan UGM, yakni Silvagama. Kegiatan mendaki gunung mapala tersebut, menurutnya, juga sedikit banyak membentuk keterikatan antara satu anggota dengan lainnya.

Satu hal yang paling berkesan bagi Ana dari sosok Jokowi adalah walaupun suka bergaul tapi dirinya tidak terbawa pengaruh buruk teman-teman sejawatnya. “Angkatan kami berjumlah 80 dan wanitanya hanya empat. Parkiran biasanya adalah tempat kumpul  para laki-laki. Biasanya mereka menggodai kami para wanita jika melewatinya. Namun, saya ingat betul Jokowi bukan salah satu dari mereka,“ tuturnya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Ana juga mengonfirmasi kebiasaan blusukan dari Jokowi. Menurutnya, sejak masa kuliah Jokowi sudah hobi blusukan, yakni mendaki gunung dan menerobos hutan. “Hobi beliau sejak dulu ya itu. Makanya, saya pernah dengar berita pengawalnya sampai kewalahan mengimbangi jalan beliau ketika blusukan,” ucapnya diiringi tertawa kecil.

Lebih lanjut, Ana menyatakan tidak tahu-menahu perihal Jokowi yang tiba-tiba memasuki dunia politik. Namun, ia tidak kaget dengan Jokowi yang sekarang menjadi seorang pemimpin negara. Hal tersebut karena ia teringat sebuah cerita dahulu ketika Jokowi bersama kawan-kawannya mendaki Gunung Kerinci.“Saya tidak menyaksikan langsung karena memang tidak ikut Silvagama, tapi pernah dengar dari kawan yang ikut mendaki. Katanya, kala sudah mencapai puncak Kerinci, Jokowi sempat termenung. Setelah usai, menurut kawan saya tadi, Jokowi cerita bahwa ia barusan merenungi bagaiman agar Indonesia lebih makmur dan sejahtera,” tuturnya.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

“Saat itu, saya memiliki keyakinan bahwa beliau bisa menjadi sosok yang membawa perubahan di Indonesia,” imbuhnya.

Harapan tersebut ternyata benar-benar menjadi kenyataan. Ana berpendapat bahwa selama periode pertama masa jabatan, Jokowi telah berhasil memperbaiki Indonesia. 

Kini Jokowi sudah dilantiknya untuk periode jabatan kedua yaitu 2019-2024, ia pun berharap agar program-program pemerintahan kali ini lebih sukses lagi. “Saya ucapkan selamat atas terpilihnya lagi untuk yang kedua kalinya. Rakyat memilih beliau karena melihat fakta selama masa jabatan sebelumnya. Untuk era ini slogan yang diangkat pemerintah adalah ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’. Mudah-mudahan diberi jalan yang terbaik sehingga slogan tersebut bisa terwujud, untuk kemduian diteruskan oleh generasi selanjutnya,” pungkasnya. (jat)

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.