Berita Nasional Terpercaya

Berikut Tips Sukses Menghafal Tanpa Gagal

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Banyak yang harus dihafal, waktu kurang, belajar susah masuk, tugas menumpuk, apalagi dikejar deadline. Yakin, masih menggunakan metode lama sistem kebut semalam yang konon ampuh? Berikut metode menghafal tanpa harus sistem kebut semalam :

1. Salin Catatan di Buku Berbeda
Metode ini ampuh terhadap daya ingat otak kita, sehingga ketika kita salin ulang materi atau topik yang telah kita pelajari maka otak akan menyimpan memori lebih panjang, dan ketika kita akan di tes ulangan tak perlu lagi menghafal. 

2. Buat Singkatan yang Mudah Diingat
 Metode selanjutnya yaitu membuat kalimat penting menjadi singkatan supaya kita gampang untuk mengingatnya, misal : unsur-unsur dalam manajemen adalah 6 M (Man, Money, Method, Market, Machine, and Materials). 

3. Belajar dan Mengajarkan
 Metode ini sebetulnya sangat ampuh selain kita bisa belajar dan menghafal kita juga dapat paham apa yang lebih karena ada tuntutan harus mengajarkan ke orang lain. Jadi apa yang kita pelajari tidak akan gampang lupa bahkan kita malah bisa lebih ahli ketika mengajarkan ke orang lain. 

4. Cari Inti Dasar dari Materi
Metode ini sangat ampuh bagi mereka yang hobi analisis, ternyata ketika kita tahu inti atau dasarnya suatu materi selain kita paham, kita juga akan bisa lebih pandai ke pengembangan. Jadi tak perlu banyak waktu untuk menghafal. 

5. Pelajari Materi Sebelum Orang Lain Belajar
Mungkin bagi beberapa orang sulit untuk melakukan metode ini, tetapi bagi mereka yang mau belajar akan memudahkan sekali ketika ada tes untuk menyelesaikan dengan cepat karena mereka lebih awal belajarnya. Misal ketika kita akan belajar akuntansi maka sebelum pelajaran itu diajarkan kita beli buku terlebih dahulu untuk belajar akuntansi. Jadi ketika akan ada pelajaran kita seolah-olah sudah pandai dan menguasai materi. 

6. Tidak Belajar dengan Patokan Tertentu
Dalam hal belajar bagi mereka yang belum tahu atau ketika kita hanya belajar dengan patokan tertentu. Kita tidak akan mudah paham karena ketika ilmu yang kita pelajari itu disuruh menjelaskan, kita tidak akan bisa menjawab itu. Mengapa demikian, karena ketika seseorang mau berhasil dengan belajarnya dia harus banyak membandingkan materi yang dia pelajari dengan berbagi referensi sehingga dia akan lebih paham dan mudah mengingat.

Diatas adalah beberapa metode jika ingin sukses menghafal tanpa harus sistem kebut semalam yang nantinya akan memberatkan kita saat melakukan tes atau ulangan, semoga bisa membantu dan langsung di terapkan. (srm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.