Berita Nasional Terpercaya

Konon Kabarnya, 7 Artis Ini Kecipratan Uang Hasil Korupsi Wawan

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) disebut jaksa mengalirkan uang hasil korupsi ke beberapa pesohor negeri ini. Dari artis sampai mantan pejabat disebut-sebut ikut merasakan uang haram tersebut.

?Perbuatan menempatkan, mentransfer sejumlah uang yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi,? kata jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Wawan disebut jaksa mengatur sejumlah proyek di Banten bersama-sama dengan kakaknya, Ratu Atut Chosiyah, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Banten. Dengan begitu, Wawan sangat leluasa mendapatkan sejumlah proyek di Banten.

Begitu uang telah didapatnya, melalui sejumlah perusahaan, Wawan mengalirkan uang-uang hasil korupsi tersebut. Siapa saja yang diduga kecipratan uang tersebut?

Jennifer Dunn

Salah satu perusahaan yang digunakan Wawan adalah PT Buana Wardana Utama (BWU). Direktur perusahaan itu bernama Yayah Rodiah yang ditunjuk Wawan.

Selama kurun waktu 23 Oktober 2010 sampai Desember 2013, Yayah tercatat tiga kali mengirimkan uang ke rekening atas nama dirinya sendiri masing-masing sebesar Rp1 miliar, Rp.1.931.200.000, dan Rp1 miliar. Setelah itu Yahya mentransfer kembali ke sejumlah rekening, salah satunya ke rekeningnya artis Jennifer Dunn.

?Dilakukan penarikan keluar dengan cara transfer ke beberapa rekening atas nama orang lain di antaranya yaitu atas nama Jennifer Dunn,? ucap jaksa.

Namun, jaksa tidak menyebut besaran uang yang ditransfer ke rekening Jennifer Dunn.

Tak hanya mentransfer uang saja, Wawan juga dikatakan jaksa membelikan 1 unit mobil Vellfire warna putih untuk Jennifer Dunn. Mobil itu dibeli di salah satu dealer di daerah Pecenongan, Jakarta Pusat. Mobil itu dibelinya secara tunai dengan bilyet giro sebesar Rp910 juta dan diatasnamakan Jennifer Dunn.

Irwansyah

Berbeda dengan Jennifer Dunn. Wawan mentransfer sejumlah uang kepada aktor Irwansyah melalui PT Bali Pasific Pragama (BPP). Jaksa menyebut, pada kurun waktu Oktober 2010-Desember 2013, Wawan menyetorkan sejumlah uang ke PT Adhika Cipta Pratama (ACP) yang diketahui milik Irwansyah.

Tercatat, sebanyak empat kali setoran tunai yang dilakukan Wawan ke PT ACP melalui PT BPP. Rinciannya, Rp133.716.000, Rp59.767.000, Rp321.053.040, dan Rp321.053.040.

?Penempatan rekening ini berasal dari setoran tunai terdakwa melalui PT BPP untuk pembelian saham PT ACP,? jelas jaksa.

Setelah itu, pada 22 Januari 2015, Irwansyah mengambil uang pada rekening tersebut sebesar Rp49 juta dan dikembalikan kepada KPK. Irwansyah penah diperiksa KPK sebagai saksi dalam perkara yang menjerat Wawan.

Rano Karno

Aktor kawakan yang juga mantan Gubernur Banten Rano Karno disebut-sebut juga kecipratan uang hasil korupsi pengadaan alkes Pemprov Banten yang dilakukan Wawan. Si ?Doel? katanya menerima uang sebesar Rp700 juta.

?Rano Karno Rp700 juta,? kata jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Pada 2017 silam, Rano Karno membantah tuduhan itu. Menurutnya, kesaksikan mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Djadja Buddy Suhardja tidak benar.

?Saya membantah semua tuduhan yang disampaikan saudara Djadja itu yang sudah diketahui umum telah menandatangani surat pernyataan loyaitas kepada Gubernur Banten ketika itu (Ratu Atut) di hadapan saudara Tubagus Chaeri Wardana,? tegas Rano Karno.

?Saya mengimbau saudara Djadja kiranya bisa membebaskan dirinya dari sandera ataupun tekanan berbagai pihak dalam memberikan kesaksian di muka pengadilan,? tambahnya.

Catherine Wilson

Pada 17 Januari 2009, Wawan membeli dua unit mobil, yaitu Nissan Elgrand 2.5 WD tahun 2008 warna abu-abu muda metalik dengan nomor polisi B 1387 dan Mercedes Benz R280 warna hitam dengan nomor polisi B 888 VC. Mobil Nissan Elgrand itu kemudian dibaliknamakan atas nama Catherine Wilson dan Selvia sebagai kakak Catherine Wilson.

Rebecca Reijman

Pada Januari 2012, Wawan membeli mobil Honda CRV seharga Rp383 juta. mobil itu diberikan Wawan ke model sekaligus artis Rebecca Soejatie Reijman.

Namun pada sekitar April 2013, Rebecca menjual mobil tersebut kepada Asep Buntoro seharga Rp258 juta. Uang penjualan mobil itu disita KPK.

Reny Yuliana

Konon wanita ini disebut mendapatkan mobil dari Wawan yaitu Mercedes Benz Type C200 K AT. Mobi itu awalnya dibeli Wawan seharga Rp575 juta untuk Agus Puji Raharjo yang saat itu tercatat sebagai anggota DPRD Banten. Namun Agus Puji mengembalikan mobil tersebut kepada Wawan.

Setelah itu, Wawan memberikan mobil itu ke Reny. Seperti Rebecca Reijman, Reny menjual mobil itu melalui Said Abdullah M Nahdi sebesar Rp284 juta. Uang hasil penjualan telah disita KPK.

Aima Diaz

Aima Diaz yang memiliki nama asli Aima Mawaddah Warahmah merupakan artis sinetron yang diduga mendapatkan 1 unit mobil BMW 320i AT E90 CKD dari Wawan. Namun sekitar Oktober 2013, Aima menjual mobil itu, dan uang hasil penjualannya telah disita KPK. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.