Berita Nasional Terpercaya

Di Hadapan Presiden FIFA, Jokowi: Indonesia Sediakan 10 Stadion Baru Untuk Piala Dunia U-20

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand. Kepada Gianni, Jokowi memberitahu Indonesia sedang membangin 10 stadion untuk turnamen Piala Dunia U-20.

Pertemuan Jokowi dan Gianni dilakukan di The Boardroom Hotel Grand Hyaat Erawan, Bangkok, Sabtu (2/11/2019). Kepada Giannni, Jokowi menekankan pentingnya sepak bola bagi masyarakat Indonesia.

?Sepak bola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. prestasi dalam sepak bola Indonesia selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,? kata Jokowi seperti keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretaris Presiden Erlin Suastini.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih karena Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Ia mengatakan pemerintah bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai bersiap diri.

?Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancer. Kami telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan juga Asian Para Games 2018 lalu,? ujar Jokowi.

Adapun 10 stadion yang sedang dibangun, sebut Jokowi, tersebar di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Indonesia, kata Jokowi, sangat menyambut baik jika tim pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI.

?Kami gembira jika ada masukan, termasuk standar kelayakan stadion dan lainnya. Pendampingan juga telah dilakukan oleh Dewan Olimpeade Asia (Olympic Council of Asia) saat Asian Games 2018,? jelasnya.

Menanggapi itu, Gianni yakin Indonesia dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dengan baik.

?Kami yakin, Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juta penduduk dapat menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi didukung oleh 200 juta fans sepak bola. Ini penting bagi kami,? ucapnya.

Gianni pun memberikan ucapan selama kepada Presiden Jokowi karena PSSI telah berhasil mendapatkan ketua umum baru, yakni Komjen Pol Mochamad Iriawan melalui Kongres Luar Biasa (KLB).

?Selamat, semoga ketua umum yang baru dapat membawa PSSI menjadi lebih baik dan berprestasi,? harap Gianni.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi, dan Staf Khusus Presiden Fadjroel Rahman. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.