Berita Nasional Terpercaya

Dari Rp230 Triliun Potensi Zakat di Indonesia, Hanya 8% Saja yang Dikelola

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Wakil Presiden RI KH Ma?ruf Amin mengungkapkan potensi zakat di Indonesia sangat besar yakni mencapai Rp230 triliun. Namun dari jumlah tersebut baru 3,5 persen atau sekitar Rp8 triliun yang telah dikelola.

Hal itu dikatakan World Zakat Forum (WZF) di Crown Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11/2019).

Berdasarkan laporan yang diterima, lanjut Ma?ruf Amin, terjadi peningkatan pengumpulan zakat dalam lima tahun terakhir yakni mencapai 24 persen. Tapi baginya, kenaikan tersebut masih relative kecil dibandingkan dengan potensi zakat yang ada.

Dia pun meminta berbagai cara harus dilakukan untuk meningkatkan potensi zakat di Indonesia.

?Misalnya meningkatkan kesadaran masyarakat wajib zakat (muzaki) dengan cara-cara yang baik,? katanya.

Dia juga mendorong pemanfaatan teknologi berbasis digital untuk pengelolaan zakat. Hal itu penting dilakukan agar bisa meningkatkan kepercayaan dari publik.

?Penggunaan informasi berbasis digital dalam pengelolaan zakat dapat menumbuhkan kepercayaan yang tinggi dari muzaki,? ucap Ma?ruf Amin.

Kata Ma?ruf Amin, Badan Amul Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) perlu terus berinovasi dari sisi penyaluran zakat. Sehingga zakat yang disalurkan itu tidak hanya diterima oleh para mustahik, tapi bisa mendorong pemberdayaan masyarakat dan peningkatan produktivitas. Dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.