Berita Nasional Terpercaya

Taekwondo UAD Raih Tim Terbaik dalam Milenia Cup 3 Taekwondo Championship 2019

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Setelah melakukan pertandingan dengan sepenuh hati dalam “Milenia Cup 3 Taekwondo Championship 2019” pada 26-27 Oktober 2019 di GOR Grogol, Jakarta Barat, tim Taekwondo UAD Yogyakarta berhasil meraih 12 emas, 7 perak dan 6 perunggu.

Dalam kegiatan yang diadakan Pengprov Taekwondo DKI Jakarta, tim Taekwondo UAD Yogyakarta mengirimkan 24 orang atlet dan 4 atlet di antaranya adalah mahasiswa baru 2019.

Tim Taekwondo UAD Yogyakarta terus eksis setelah dilatih sambeum Kholid Wahyudi dan dibantu Gondang Ragil Prakasa serta Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UAD Yogyakarta Fajar Arisco Dwi Cahyo S.

Seperti disampaikan Kholid Wahyudi kepada wartawan di Kampus 1 UAD Jl Kapas, Yogyakarta, Senin (4/11/2019), cabang yang dipertandingkan dalam Milenia Cup 3 Taekwondo Championship 2019 itu adalah senior kyorugi dan senior poomsae.

“Pada ajang kali ini perguruan tinggi di Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur dan DIY mengirimkan perwakilannya. Kejuaraan ini diikuti oleh 700 orang atlet dari 13 Perguruan Tinggi,” ujar Kholid Wahyudi 

Menurut Kabid Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD, Danang Sukantar, semua mahasiswa UAD Yogyakarta mendapat kesempatan yang sama untuk mengikuti kegiatan penalaran dan minat bakat. “Ada banyak UKM yang tersedia bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuannya,” terang Danang Sukantar.

Prestasi akademik mahasiswa, seperti disampaikan Danang Sukantar, perlu dijaga. “Agar mahasiswa tetap bisa membagi waktu sebaik-baiknya sehingga memiliki hardskill dan softskill,” katanya.

Dan pihak kampus UAD Yogyakarta, menurut Danang, selalu mendorong dan membina semua bakat mahasiswa serta minat untuk bisa berprestasi. Untuk itu dana, sarana dan prasarana disediakan UAD Yogyakarta agar mahasiswa bisa berkembang maksimal sesuai bakat dan minatnya. 

Pembina UKM Taekwondo Dr. Hadi Suyono, M.Psi, yang didampingi Dr Dedi Pramono, M.Hum (Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa UAD), merasa bangga karena dalam kejuaraan itu UAD Yogyakarta berhasil menyabet tim terbaik.

“Mahasiswa yang berprestasi dalam kejuaraan Taekwondo itu patut diapresiasi karena menjadi kebanggaan tersendiri bagi UAD,” katanya.

Bagi Hadi, tim Taekwondo UAD Yogyakarta dapat membuktikan eksistensi dan kualitas dari mahasiswa UAD Yogyakarta dihadapan berbagai pihak dan perguruan tinggi lainnya. Apa yang diraih tim Taekwondo UAD Yogyakarta merupakan berkah. “Karena bisa bertanding dengan kompetitor yang dahsyat dan memiliki pengalaman bertanding,” tandasnya.

Dikatakan Dedi Pramono, UAD Yogyakarta memberikan fasilitas bagi mahasiswa untuk meraih prestasi. “Salah satunya melalui UKM Taekwondo,” jelasnya.

Mengikuti UKM ini, bagi Dedi Pramono, akan meningkatkan softskill mahasiswa. “Sebab, dalam Taekwondo mahasiswa dilatih untuk berjuang keras dan berkompetisi, dan kita berharap target selanjutnya bisa ikut kejuaraan internasional,” kata Dedi.

Di sisi lain, Fajar Arisco Dwi Cahyo, mengungkapkan, prestasi yang diraih ini tentu bermanfaat bagi mahasiswa dan UAD Yogyakarta.

Bagi mahasiswa, prestasi itu akan menambah surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Bagi UAD Yogyakarta, bisa meningkatkan peringkat perguruan tinggi dalam pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). (fan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.