Berita Nasional Terpercaya

Anggaran Pendidikan Tahun 2020 Sebesar Rp508 T, Awas Dikorupsi!

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo mengungkapkan besaran APBN 2020. Ia menyebut, dalam APBN 2020 pemerintah menganggarkan Rp423 triliun untuk pembangunan infrastruktur dan Rp508 triliun untuk pendidikan. Jumlah yang terbilang besar.

?Kita telah menetapkan APBN 2020. Secara garis besar Rp423 triliun untuk belanja infrastruktur, kemudian Rp508 triliun untuk pendidikan dan Rp132 triliun untuk kesehatan. Ini duit semua, hati-hati dengan angka-angka sebesar ini. Belum bidang-bidang yang lainnya,? kata Jokowi saat membuka Rakornas LKPP di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).

Jokowi meminta LKPP proaktif membantu menggerakkan perekonomian meski alokasi anggaran berada di bawah kewenangan kementerian atau lembaga negara.

?Walau kebijakan alokasi anggaran berada di kewenangan kementerian/lembaga, LKPP dapat proaktif agar segera menggerakkan perekonomian. Jangan sampai cara yang lalu masih kita gunakan,? ujarnya.

Di kesempatan itu Jokowi mengungkapkan kekesalannya lantaran ada proses tender yang masih berlangsung pada November 2019 ini. Untuk tender konstruksi nilainya mencapai Rp31,7 triliun.

Jokowi meminta agar kejadian seperti ini tidak terulang. Sebab, pengerjaan konstruksi yang main asal kebut dapat mempengaruhi kualitas infrastruktur yang dibangun.

?Lepas Agustus 2019 masih urusan lelang. Bagaimana ini? Tapi kenyataannya masih banyak, dan kita tidak ingin hal seperti ini terulang lagi. Akhirnya apa? Kualitasnya jelek, jembatan ambruk, SD ambruk karena kerjanya cepat-cepat,? tegas Jokowi. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.