Berita Nasional Terpercaya

Pelayanan dan Inovasi DPMP Pemkot Jogja Diakui Pemerintah Pusat Yang Terbaik

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta baru saja menerima penghargaan dalam bidang pelayanan publik terbaik kota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Selasa 5 November 2019 lalu.

Penghargaan itu diberikan kepada tiga unit pelayanan yang mendapat predikat sangat baik di tahun 2019, salahsatunya, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Pemkot Yogyakarta.

Kepala DPMP Kota Jogja Nurwidi Hartana menjelaskan, ada enam aspek yang dievaluasi dari Pemkot Yogyakarta, yang membuatnya memperoleh penghargaan tersebut. Keenamnya adalah Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Sistem Konsultasi dan Pengaduan, dan Inovasi.

“DPMP, Rumah Sakit Jogja, dan Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil) mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik, ketiga-tiganya,” ucap Nurwidi, Rabu (6/11/2019).

Ia menjelaskan, terkait aspek pelayanan, ia meyakinkan, pihaknya menerapkan kepastian, bukan janji. Pasti dalam hal waktu, pasti dalam hal biaya, dan pasti dalam hal pelayanan. Sementara terkait profesionalisme SDM, menurutnya petugas DPMP benar-benar melayani pelanggan dengan baik. 

“Walaupun tidak ada kompetitor jangan sampai ada keluhan,” ungkapnya. 

Terkait sarana dan prasarana, menurutnya terus ditambah dan diperbarui. Sementara sistem informasi pelayanan publik sangatlah mutakhir, sangat memudahkan masyarakat, menggunakan berbagai sarana yang ada. 

“Yang penting masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam konsultasi dan pengaduan,” sambungnya.

Sementara terkait inovasi, pihaknya membuat aplikasi terkait peta potensi investasi yang memungkinkan diakses banyak orang. Banyak investor yang menanfaatkan data tersebut, termasuk Organisasi Perangkat Daerah yang membutuhkan. 

“Ini bisa diakses dengan mudah dan update, sehingga memangkas kebocoran, adanya broker, dan informasi menyesatkan yang bisa merugikan investor,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.