Berita Nasional Terpercaya

Seandainya Indonesia Terlibat Perang, Ini Strategi yang Diterapkan Prabowo

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto rapat dengan Komisi I DPR RI. Prabowo mengatakan Indonesia mempunyai konsep Pertahanan Rakyat Semesta.

Prabowo mengakui, saat ini teknologi pertahanan Indonesia memang bukan nomor satu di dunia. Tapi jika Indonesia terlibat perang, Ketua Umum Gerindra ini menyatakan konsep Pertahanan Rakyat Semesta akan diterapkan.

?Jadi saudara-saudara, kita tidak usah terlalu. Istilahnya membuka diri, tapi kita mengerti dan kita memahami bahwa mungkin saat ini secara teknologi kita tidak bisa mengalahkan kekuatan teknologi bangsa lain. Tapi pertahanan kita yang berdasarkan pemikiran, konsep Pertahanan Rakyat Semesta, kalau terpaksa kita terlibat perang, yang akan kita laksanakan adalah Perang Rakyat Semesta. The Concept of The Total Peoples War,? ucap Prabowo di hadapan anggota Komisi I di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senayan, Senin (11/11/2019).

Dijelaskannya, dalam konsep Pertahanan Rakyat Semesta, rakyat jadi komponen terpenting pertahanan negara. Dia meyakini dengan konsep ini Indonesia tidak bisa dijajah lagi oleh negara lain.

?Ini adalah doktrin Indonesia selama ini. Indonesia tidak mungkin diduduki bangsa lain karena seluruh rakyat akan menjadi komponen pertahanan negara,? terangnya.

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan konsep pertahanan Indonesia bersifat defensive, yang artinya tidak akan mengganggu negara lain. Tetapi ditegaskannya, Indonesia juga tidak boleh membiarkan jika ada negara lain yang mengganggu kedaulatan bangsa dan negara ini.

?Jadi wawasan kita adalah wawasan defensive, wawasan bertahan, wawasan menjaga kedaulatan,? kata Prabowo.

?Kita tidak berniat mengganggu bangsa lain, tapi kita juga tidak boleh membiarkan diri, wilayah kita, kepentingan kita, kekayaan kita diganggu oleh bangsa lain,? tambahnya.

Menurutnya, selain membangun infrastruktur, Indonesia harus memberikan perhatian lebih pada sektor pertahanan. Baginya, penyusunan strategi pertahanan tidak boleh berdasarkan pada doa dan harapan.

?Kita boleh membangun infrastruktur yang banyak dan hebat. Tapi kalau tidak mampu menjaga wilayah laut, udara, dan darat, saya kira kita akan hilang kedaulatan dan kemampuan kita bertahan sebagai Negara,? tegas Prabowo.

Prabowo menyatakan akan merumuskan strategi pertahanan negara dalam waktu dekat. Rumusan strategi pertahanan ini akan dipresentasikan ke Presiden Joko Widodo pada awal 2020.

?Kita akan segera dalam bulan Desember 2019 ini untuk sedapatnya merumuskan, memuktahirkan doktrin pertahanan kita, strategi pertahanan kita, dan konsepsi penyelenggaraan gelar pertahanan kita. Pada saat nanti, bulan Januari 2020, kita akan mempresentasikan kepada presiden,? pungkasnya. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.