Berita Nasional Terpercaya

Warga Kembaran RT05 Gelar Ketoprak dan Doa bersama untuk Djaduk Ferianto

0

BANTUL, BERNAS.ID- Warga Kembaran RT 05 Tamantirto Kasihan Bantul menggelar pentas seni tradisional Ketoprak. Pentas Ketoprak ini telah dilaksanakan pada Hari Minggu, 17 November 2019.

Pementasan yang digagas warga itu bertujuan melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda. “Acara ini digagas oleh warga dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda akan pentas seni kethoprak yang sudah jarang dipentaskan,” papar Sari Purwanto selaku pimpinan produksi.

Pentas ketoprak berjudul “Jambul Kramayudha” bercerita tentang keluarga Pak Krama yang susah dan kekurangan. Ingin mengubah hidup, Pak Krama kemudian nekat mengadu nasib di kota besar. Pak Krama berhasil. Ia menjadi orang yang kaya. Sayangnya, kesuksesan itu justru membuat Pak Krama melupakan keluarganya di desa.
Selain untuk memperkenalkan dan melestarikan seni tradisi, pementasan tersebut juga digelar doa bersama untuk seniman Djaduk Ferianto.

“Selain acara ketoprak, doa bersama untuk Alm. Pak Djaduk Ferianto yang merupakan tokoh seniman dan musikus yang lahir dan besar di kembaran RT05 (Padepokan Bagong). Kami seluruh warga Kembaran sangat kehilangan sosok Mas Djaduk, yang baik dan grapyak dengan semua warga,” tambah Purwanto.

Lanjut tambahnya, panitia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung sehingga acara itu dapat terlaksana, khusus nya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sumber dana Keistimewaan Yogyakarta. Pementasan itu terbuka untuk seluruh warga Yogyakarta dan sekitarnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.