Berita Nasional Terpercaya

Perpusnas Luncurkan Perpusnas Press Dan Sistem Informasi Penerbitan

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan Perpusnas Press Dan Sistem Informasi Penerbitan (SiPENA) berlangsung di ruang serba guna Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Dalam sambutan Sekretaris Utama Perpusnas RI, yang dibacakan oleh Kepala Bagian Hukum dan Humas Perpustakaan Nasional, Rismini menyampaikan Berdasarkan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 1 Tahun 201 2 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2001 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional pasal 37 ayat (3) menjelaskan bahwa Subbagian Penerbitan mempunyai tugas melakukan penyiapan urusan penerbitan dan pencetakan.

Tindak lanjut dari SK ini adalah dibentuknya Lembaga Penerbit Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu Perpusnas PRESS berdasarkan Surat Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 167 Tahun 2019 tanggal 23 Juli 2019 tentang Pembentukan Penerbit Perpustakaan Nasional dan Tim Penerbit Perpustakaan Nasional.

“Tugas Perpusnas PRESS adalah menerbitkan karya tulis dan publikasi di lingkungan Perpustakaan Nasional. Perpusnas Press telah tercatat menjadi anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) No.573/DKI/2019 tanggal 1 Agustus 2019,” jelas Rismini.

Rismini mengatakan fungsi dari Perpusnas PRESS sangat strategis karena menjadi  garda  depan layanan penerbitan untuk merencanakan dan melaksanakan penjaminan mutu terbitan agar sesuai  dengan standar  yang ditentukan dan menyebarluaskan informasi penerbitan dan output publikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna dan pemangku kepentingan lainnya (baik dalam bentuk tercetak atau elektronik).

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Penerbitan Perpustakaan Nasional RI, Edi Wiyono mengatakan tujuan Perpusnas PRESS adalah menjadi Penerbit Publikasi Perpustakaan Nasional bidang perpustakaan dan kepustakawanan yang berkualitas dan unggul.

“Tahapan atau Arah Strategi Perpusnas PRESS yaitu melaksanakan penerbitan dan publikasi bidang perpustakaan dan kepustakawanan baik cetak maupun elektronik, Meningkatkan kuantitas dan kualitas terbitan bidang perpustakaan dan kepustakawanan, Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas penerbitan dan pengelolaannya, Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung publikasi
penerbitan, Menjadi mitra bagi penulis untuk menghasilkan karya tulis bidang
perpustakaan,” jelas Edi Wiyono.

Edi Wiyono menambahkan, selain itu juga telah dibangun sistem informasi penerbitan atau yang disingkat (SiPENA) sebagai repository terbitan Perpustakaan Nasional RI.  

“Pembangunan SiPENA diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu sebagai Peningkatan Kinerja Lembaga, Peningkatan Kualitas Layanan Publik dan sebagai Bagian dari Pelaksanaan Reformasi Birokrasi,” tuturnya.

Lebih lanjut Edi Wiyono mengatakan dalam kaitannya dengan Reformasi Birokrasi, berhubungan dengan penguatan organisasi kelembagaan dan salah satu implementasi dari egoverment. (Ivan)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.