Berita Nasional Terpercaya

Wayan Supadno : Dibalik Nama Besar Selalu ada Karya Besarnya

0

Tenaga turbo paling efektif memacu percepatan menuju prestasi emas adalah memberdayakan nama baik yang besar, sehingga ada pemeo bahwa di balik nama besar selalu ada karya besarnya. Itulah pendapat pada sebuah buku motivasi.

MENGKAJI pernyataan tersebut korelasinya erat sekali dengan teori kiat tepat mencari dan mempertahankan mitra usaha. Termasuk di dalam syarat mutlak minimal fisibelitas atau tidaknya seseorang didanai (dibesarkan) oleh lembaga keuangan atau berbankan adalah ; berkarakter baik, berkapasitas mumpuni, berkapital cukup, berkondisi sehat dan berkolateral pantas aman atau biasa di sebut 5 K (5C).

Baca juga: 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Dalam dunia jabatan strategis puncak piramida profesional pada sebuah perusahaan, misal saja CEO, Direktur Utama, Manajer dan lainnya. Hampir bisa dipastikan seseorang bisa meraihnya bukan semata-mata karena pintar saja. Tapi dominan karena “Terpercaya” oleh yang berwenang misal komisarisnya, pemegang saham, owner dan lain sebagainya. 

Sukma di dalamnya adalah meliputi karena nama baik yang selalu berusaha “Dihidup – hidupkan agar hidup terang benerang/sejatine urip kudune diuripuripi ben urup tansah madangi sanak kadang” lalu makin membesar. Setelah besar dijadikan kendaraan ekstra cepat menuju posisi sukses tersebut. Pola filosofi budaya Jawa tersebut juga sangat efektif untuk dijadikan energi membangun bisnis. Juga membangun karir politik.

Kalau kita menyimak kisah para “Insan pemilik nama harum dan besar abadi sepanjang masa, bukan lagi hanya sebatas hayat kandung  badannya saja artinya nama baiknya lebih awet dari umur badannya“.  Bisa dipastikan karena di baliknya ada karya besarnya yang dirintis dengan membangun nama baik. Nama baik terakumulasi dari memegang teguh dan mempraktekkan teori dan filsafat di atas. Tak cukup hanya pintar saja.  Tapi terpenting harus bisa dipercaya.

(Wayan Supadno, Praktisi Pertanian)

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

Leave A Reply

Your email address will not be published.