Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Sleman Rintis Desa Gemar Membaca

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pengukuhan gerakan pemasyarakatan minat baca Kecamatan Depok sekaligus peresmian gedung Perpustakaan Desa Condongcatur ?Pustaka Loka? dilakukan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo, MSi, Kamis (21/11/2019), di Balai Desa Condongcatur, Depok, Sleman.

Usai peresmian dilanjutkan dengan sarasehan gerakan minat membaca dan workshop gerakan cinta membaca hasil karya.

Komitmen desa Condongcatur tersebut, diharapkan Sri Purnomo dapat dicontoh oleh pemerintah desa lainnya. ?Sehingga bisa meningkatkan minat baca generasi muda dan seluruh komponen masyarakat,? kata Sri Purnomo.

Bagi Sri Purnomo, penyelenggaraan gerakan minat baca dan workshop gerakan cinta membaca karya (Genta Cahaya) itu merupakan momen yang strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluasan wawasan dan pengetahuannya dengan membaca.

?Proses cinta membaca tidak tercipta begitu saja, tapi dibutuhkan upaya pembiasaan diri secara konsisten,? kata Sri Purnomo, yang mengimbau kepada seluruh pihak agar memulai gerakan literasi dengan membiasakan anak untuk membaca minimal 15 menit.

Untuk menunjang hal tersebut, Pemkab Sleman akan menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui layanan perpustakaan.

Seperti disampaikan Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman, Arif Haryono, rintisan desa gemar membaca itu untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan. ?Dan membudayakan gemar membaca kepada masyarakat,? kata Arif Haryono.

Adapun kriteria rintisan gemar membaca itu adalah: organisasi, SOTK, gedung, sarana-prasarana, koleksi bahan perpustakaan, perlengkapan, peralatan, sistem dan mode, anggaran serta tenaga. (fan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.