Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Merawat Kucing di Musim Penghujan Agar Tidak Sakit

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang karena dapat hidup di cuaca apapun asalkan mendapatkan perawatan yang sesuai. Namun, memasuki musim hujan, kucing akan rentan terkena penyakit.

Berikut, 5 tips merawat kucing di musim hujan.

Memberikan vaksin
Pemberian vaksinasi pada kucing paling tidak satu tahun sekali. Pemberian vaksin bermanfaat untuk mencegah kucing terkena bakteri dan virus.

Memberikan vitamin
Memberi kucing vitamin yang dianjurkan oleh dokter hewan. Misalnya seperti madu, minyak ikan, dan suplemen nafsu makan hewan.

Jaga kebersihan kandang
Bersihkan kandang secara rutin minimal sekali sehari, ganti pasir pada box tempat kotoran kucing. Jangan biarkan kotoran menumpuk agar kandang terasa nyaman bagi kucing anda.

Jangan biarkan kucing berkeliaran di luar rumah
Di musim hujan banyak genangan air dan juga lumpur. Pastikan  kucing tetap berada di dalam rumah agar terhindar dari sumber air yang terkontaminasi. Terutama seperti genangan air hujan di luar rumah bisa menyebabkan scabies dan kutu.

Memberikan minum lebih banyak
Jaga agar kucing tetap terhidrasi dengan memberikannya banyak air minum, setidaknya ganti air minum dua kali sehari, supaya menghindari jentik nyamuk dan juga virus berikan air bersih yang matang. 

(Danang Cahya Saputra, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan PBSI, Universitas Negeri Yogyakarta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.