Berita Nasional Terpercaya

Agnez Mo Bagai Kacang Lupa Kulit, Sebut Dirinya Tidak Memiliki Darah Indonesia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Potongan video wawancara Kevan Kenney dengan Agnez Mo alias Agnes Monica dalam acara bertajuk ?Build Series by Yahoo? yang dirilis 22 November kemarin memunculkan kontroversi di masyarakat. Dalam wawancara itu, Agnez menyatakan dirinya tidak memilikir darah Indonesia.

Awalnya Agnez menceritakan tentang kesibukannya saat ini di negara Amerika Serikat (AS). Dia pun menyebut penampilannya kini sudah seperti warga New York.

Di tengah wawancara Kevan Kenney mengaku dirinya baru tahu bahwa betapa beragamnya Indonesia. Agnez pun menjelaska bahwa Indonesia punya sekitar 18 ribu pulau. Setiap pulau punya bahasa sendiri, begitu juga dengan baju adat dan aturan-aturannya.

?Secara garis besar Indonesia sangat beragam dan aku tumbuh besar dengan itu,? kata Agnez Mo kepada Kevan Kenney.

Kemudian Agnez menceritakan dirinya mulai bernyanyi di gereja. Dia tempat ibadah tersebut dia mengetahui tentang musik tradisional Indonesia.

?Itu menjadi bagian dariku sehingga musik tidak lagi menjadi sebuah representasi budaya semata, tapi juga inklusivitas kebudayaan. Itu yang aku pegang,? tuturnya.

Kevan Kenney kemudian bertanya soal latar belakang Agnez yang dinilai berbeda dibandingkan kebanyakan orang di Indonesia. Agnez pun menjelaskan tentang siapa dirinya.

?Sebenarnya dalam diriku tidak mengalir darah (asli) Indonesia. Aku berdarah Jerman, Jepang, dan China. Aku hanya lahir di Indonesia. Aku juga menganut Kristen yang di mana di Indonesia mayoritas adalah penganut Islam. Jadi aku selalu merasa? Aku bukannya mau mengatakan aku bukan bagian dari Indonesia. Karena banyak orang menerimaku apa adanya, tapi selalu ada perasaan bahwa aku tidak seperti orang-orang di sekitarku,? ucapnya.

Menanggapi itu, aktivis Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (Komtak) Lieus Sungkharisma menyebut Agnez seperti kacang lupa kulitnya karena merasa sudah go internasional.

?Lupa diri atau hanya gaya-gayaan saja. Itu penyakit, dia sepertinya bangga karena sudah go internasional. Dia lupa akarnya,? kata Lieus saat dihubungi bernas.id, Selasa (26/11/2019).

Soal Agnez yang menyebut tidak memiliki darah Indonesia, menurut Lieus, kebangsaan seseorang tidak dilihat dari darah keturunan, tapi lahir dan dibesarkannya di mana.

Dia kembali menegaskan, apa yang dilakukan Agnez itu adalah penyakit orang yang kebelet ingin segera terkenal.

?Apa dia mau dibilang hebat,? sindir Lieus Sungkharisma.

Ia pun merasa aneh dengan tingkah Agnez Mo yang seperti itu. Padahal, banyak warga keturunan etnis Tionghoa yang justru bangga menjadi warga negara Indonesia.

?Apalagi dia pernah diundang khusus oleh Presiden Jokowi ke Istana,? tukasnya.

Klarifikasi Agnez Mo

Sadar dirinya membuat kehebohan di Tanah Air, Agnez Mo angkat bicara. Melalui unggahan di media sosial, Agnez Mo menyebutkan maksud dia mengucapkan itu karena ingin menunjukkan keberagaman yang ada dalam hidupnya.

?Saya tumbuh dalam budaya yang beragam. Inklusi budaya adalah yang saya pilih Bhinneka Tunggal Ika berarti bersatu dalam keberagaman. Saya menyukai ketika saya bisa berbagi sesuatu tentang asal dan negara saya,? kata Agnez Mo.

?Saya akan selalu jujur dan berujar kepada dunia bagaimana seorang minoritas seperti saya diberikan kesempatan untuk memiliki dan mengejar mimpi kami,? lanjutnya. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.