Berita Nasional Terpercaya

8 Kader Mencalonkan Diri Jadi Ketua Umum Golkar

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Juru bicara Partai Golkar Christina Aryani mengungkapkan sudah ada delapan kader yang mengambil formulir pendaftaran calon Ketua Umum Golkar.

?Yang saya ingat yang sudah ambil formulir Pak Ridwan Hisjam, Agun Gunanjar, Idnara Bambang Hutoyo, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan beberapa kader muda. Kalau enggak salah Pak Ali Yahya. Pak Airlangga Hartarto belum ambil. Mungkin hari ini,? kata Christina Aryani di sebuah diskusi bertema ?Munas X Partai Golkar: Harapan dan Tantangan Partai Golkar pada Munas 2019? yang digelar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/11/2019).

Dijelaskannya, penyerahan formulir tersebut paling lambat 2 Desember 2019.

Adapun syarat pendaftaran calon Ketua Umum Golkar yaitu pernah menjadi pengurus partai minimal selama 5 tahun hingga tidak pernah menjadi anggota partai politik lain.

?Sesuai AD/ART, syaratnya pernah menjadi pengurus Golkar full satu periode 5 tahun. Tidak pernah menjadi anggota parpol lain, berprestasi, dedikasi tidak tercela, dan minimal didukung 30 persen, dan bebas dari keterlibatan G 30/S PKI,? jelasnya.

Disinggung soal adanya kekhawatiran akan kembali terjadi konflik di internal, Christina menegaskan bahwa Golkar sudah terbiasa mengelola konflik. Meski begitu ia berharap Munas Golkar nanti menjadi ajang menjalin persahabatan antar kader.

?Golkar sudah terbiasa mengelola konflik. Kalau sudah selesai, semua faksi diakomidir dengan berbagai agar semuanya happy,? tuturnya.

Soal adanya Pelaksana tugas (Plt) pengurus DPD Golkar, apakah juga memiliki hak suara di Munas nanti, Christina menyebutkan akan ditentukan saat membahas tata terbit Munas Golkar nanti.

?Plt ada hak suara kalau memang? itu akan ditentukan dalam tata tertib pemilihan. Ada beberapa Plt, apakah tidak memiliki hak suara, sebenarnya tidak begitu. Di AD/ART peserta unsur DPD Provinsi atau Kota,? jelas Christina Aryani. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.