Berita Nasional Terpercaya

Belajar Kelola Pariwisata, Bumdes Kalitekuk Semin Study Banding di Kampung Emas

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Dalam rangka peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Makmur Marga Manunggal Desa Kalitekuk, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, melaksanakan study banding di Kampung Emas Desa Wisata Nglanggeran Kecamatan Patuk, Sabtu, (30/11/2019).

Bumdes Desa Makmur Marga Manunggal dalam program kerjanya menitikberatkan konsep ekowisata, sehingga study banding di Desa Wisata Nglanggeran diharapkan akan membawa dampak positif untuk pengelolaan dan pemberdayaan potensi wisata zona utara khususnya di wilayah Kalitekuk Kecamatan Semin.

Sutarto didampingi Heru selaku perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Emas, kepada rombongan Bumdes Kalitekuk secara gamblang menjelaskan perjalanan Pokdarwis yang ia rintis dari nol hingga berhasil saat ini.

?Pokdarwis wilayah kami dimulai dari merangkak sampai dengan mampu berjalan, meski belum memperoleh tingkatan yang lebih jauh lagi, perjalanan kami penuh tantangan dan hambatan,? ungkap Sutarto.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Kampong Emas pernah dinobatkan serta berhasil menjuarai lomba pengelolaan pariwisata di tingkat Kabupaten Gunungkidul dengan menyabet juara 1 berikut juga pada tingkat tingkat propinsi DIY Juara 1 ditahun 2017.

?Dengan berbekal kearifan lokal dan budaya asli masyarakat Plumbungan Patuk wisata dapat kita kembangkan,? jelas Sutarto.

Ditempat yang sama, Mahatva Yoga Adipradana, M.Sos, Dosen Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang akrab dipanggil Yoga selaku pendamping Pokdarwis Kampung Emas, dihadapan peserta study banding menyampaikan, pihaknya kedepan bersedia untuk melakukan pendampingan di Desa Kalitekuk secara berkelanjutan.

?Akan sangat berarti bagi saya, apabila ilmu yang saya miliki bisa digunakan untuk masyarakat, terlebih lagi apabila desa nanti mampu berkembang dan akhirnya menjadi desa mandiri,? terang Yoga.

Sementara itu Ketua Bumdes Makmur Marga Manunggal, Suyatna menyampaikan, dirinya mengapresiasi positif dengan terbentuknya Pokdarwis Platar Amba di Desa Kalitekuk. Adanya study banding akan memberikan manfaat ilmu dan pengetahuan untuk pengurus Bumdes maupun para pelaku wisata di Desa Kalitekuk kedepannya.

?Harapan kami tentunya dapat bekerjasama dengan baik dan satu komitmen yaitu menjadikan Desa Kalitekuk menjadi lebih baik, berkembang dan maju bersama masyarakat dan Pemerintah Desa,? tutup Suyatna.

Dalam kegiatan study banding tersebut, seluruh peserta dari Bumdes Desa Kalitekuk dapat mengikuti acara dengan lancar dan tertib dari awal hingga berakhirnya pelatihan. (sad)

Leave A Reply

Your email address will not be published.